PENGARUH KOMUNIKASI GURU TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PANGKALAN KURAS PELALAWAN

ARISA, (2018) PENGARUH KOMUNIKASI GURU TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PANGKALAN KURAS PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_201854PIPS-E.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_201854PIPS-E.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_201854PIPS-E.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_201854PIPS-E.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_201854PIPS-E.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_201854PIPS-E.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_201854PIPS-E.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_201854PIPS-E.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_201854PIPS-E.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_201854PIPS-E.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_201854PIPS-E.pdf

Download (338kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi, padahal guru ekonomi sudah melakukan komunikasi dengan baik dengan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pangakalan Kuras. Subjek penelitian ini adalah guru ekonomi dan siswa kelas XI, sedangkan objeknya yaitu pengaruh komunikasi guru ekonomi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang terdiri dari 187 orang. Jumlah sampel yang diambil 127 siswa dengan teknik stratified random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan antara komunikasi guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi. Persentase pengaruh variabel komunikasi guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi adalah sebesar 47,7% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Komunikasi Guru, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 21 Mar 2019 02:42
Last Modified: 21 Mar 2019 02:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12234

Actions (login required)

View Item View Item