PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI HIDROKARBON

PUTRI MAHDARENI, (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI HIDROKARBON. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_201838PK.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_201838PK.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_201838PK.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_201838PK.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_201838PK.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_201838PK.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_201838PK.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_201838PK.pdf

Download (658kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_201838PK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)
[img]
Preview
Text
10.BAB V_201838PK.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11.DAFTAR PUSTAKA_201838PK.pdf

Download (338kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment, yang dilatarbelakangi oleh hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 2 Rumbio Jaya yang diperoleh masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kimia siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan metode resitasi pada materi hidrokarbon. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X tahun ajaran 2016/2017 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling maka diperoleh 2 kelas sampel yaitu X1 (kontrol) dan X4 (eksperimen). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dalam bentuk uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretest dan posttest sebagai data akhir, dokumentasi dan observasi. Analisis data akhir pada penelitian ini dihitung dengan menggunakan uji “t”. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,20 dan ttabel = 2,00 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan metode resitasi terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi hidrokarbon, dengan koofisien pengaruh sebesar 9%. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Make A Match, Metode Resitasi, Hasil Belajar, Hidrokarbon

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 20 Mar 2019 07:36
Last Modified: 20 Mar 2019 07:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12206

Actions (login required)

View Item View Item