PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE SIMULASI SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYAH ISLAMIAH BENTE BERKAT KECAMATAN MANDAH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Fazari, (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE SIMULASI SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYAH ISLAMIAH BENTE BERKAT KECAMATAN MANDAH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013220PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Metode Simulasi dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyah Islamiyah Bente Berkat Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu kemampuan berbicara pribadi siswa variabel X, dan penggunaan Metode Simulasi variabel Y yang merupakan objek penelitian. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Juli 2011 - Januari 2012. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini didasari dari kemampuan berbicara siswa yang masih rendah, walaupun guru sudah berusaha meningkatkan dengan berbagai metode. Hal ini terlihat dari gejala-gejala seperti kecenderungan menggunakan bahasa ibu, adanya sebagian siswa kurang mengerti bahasa Indonesia, dan dalam proses belajar mengajar guru menggunakan dua bahasa (bahasa ibu dan bahasa Indonesia). Peneliti dalam penelitian ini menerapkan Metode simulasi untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah di jelaskan pada bab IV, maka dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan berbicara siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyah Islamiyah Bente Berkat Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir sebelum tindakan hanya mencapai 64%. Sedangkan pada siklus pertama kemampuan berbicara siswa meningkat menjadi 81%. Pada siklus kedua kemampuan berbicara siswa meningkat lagi menjadi 92%, pada siklus kedua ini ketuntasan klasikal telah tercapai, karena ketuntasan klasikalnya 80%. Keberhasilan ini disebabkan dengan penggunaan metode simulasi dapat melibatkan semua siswa sehingga dapat meningkatkan kemampuannya dalam berbicara. Keberhasilan ini juga tidak terlepas dari peran seorang guru yang serius dan tanggap dalam menggunakan metode simulasi tersebut. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui metode Clustering dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyah Islamiyah Bente Berkat Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir dalam menulis karangan tentang pengalaman pribadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 23 Dec 2015 03:00
Last Modified: 23 Dec 2015 03:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/122

Actions (login required)

View Item View Item