PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NON DIRECTIVETERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KECAMATAN ROKAN IV KOTO KABUPATEN ROKAN HULU

DEQRI YUSPA HENDRA, (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NON DIRECTIVETERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KECAMATAN ROKAN IV KOTO KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Non – Directive terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu khususnya di kelas VIII A. Penelitian ini beranjak dari gejala yang penulis temukan di lokasi penelitian, dimana proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru kebanyakan menggunakan metode konvensional seperti ceramah, sehingga berdampak kepada rendahnya kreativitas dan keaktifan siswa belajar di kelas. Untuk itu, peneliti ingin melihat seberapa jauh pengaruh penerapan strategi pembelajaran Non – Directive keaktifan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Rokan Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu yang berjumlah 250 orang dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 20 orang (sebagai kelas Eksperimen) dan siswa kelas VIII A yang berjumlah 20 orang (sebagai kelas Kontrol). Sedangkan pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh terlihat bahwa mean (2.00) keaktifan belajar siswa yang menggunakan Model pembelajaran Non-Directive lebih tinggi dibandingkan dengan mean (1.41) keaktifan belajar siswa yang menggunakan Model pembelajaran secara konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan Model pembelajaran Non-Directive dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki perbedaan yang signifikan, di mana keaktifan belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 19 Mar 2019 02:59
Last Modified: 19 Mar 2019 02:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12164

Actions (login required)

View Item View Item