DEQRI YUSPA HENDRA (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NON DIRECTIVETERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KECAMATAN ROKAN IV KOTO KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (262kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (50kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Non – Directive terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu khususnya di kelas VIII A. Penelitian ini beranjak dari gejala yang penulis temukan di lokasi penelitian, dimana proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru kebanyakan menggunakan metode konvensional seperti ceramah, sehingga berdampak kepada rendahnya kreativitas dan keaktifan siswa belajar di kelas. Untuk itu, peneliti ingin melihat seberapa jauh pengaruh penerapan strategi pembelajaran Non – Directive keaktifan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Rokan Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu yang berjumlah 250 orang dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 20 orang (sebagai kelas Eksperimen) dan siswa kelas VIII A yang berjumlah 20 orang (sebagai kelas Kontrol). Sedangkan pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh terlihat bahwa mean (2.00) keaktifan belajar siswa yang menggunakan Model pembelajaran Non-Directive lebih tinggi dibandingkan dengan mean (1.41) keaktifan belajar siswa yang menggunakan Model pembelajaran secara konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan Model pembelajaran Non-Directive dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki perbedaan yang signifikan, di mana keaktifan belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 19 Mar 2019 02:59 |
Last Modified: | 19 Mar 2019 02:59 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12164 |
Actions (login required)
View Item |