RAHMA NUR ADDINA (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI BUKIT RAYA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER .pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (458kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh kendala yang muncul yaitu belum tersedianya media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memvisualisasikan objek matematika untuk menuntun siswa dalam memahami konsep. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Macromedia Flash berbasis Problem Based Learning yang valid, praktis serta mampu memfasilitasi pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bukit Raya Pekanbaru. Subjek penelitian adalah guru dan dosen sebagai validator, 6 siswa untuk uji kelompok kecil, 37 siswa untuk uji kelompok terbatas dan objek penelitian adalah media pembelajaran Macromedia Flash berbasis Problem Based Learning. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas oleh para ahli yang digunakan untuk mengetahui validitas media pembelajaran, angket uji kepraktisan oleh siswa untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran dan tes oleh siswa untuk mengetahui pemahaman konsep siswa setelah menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash berbasis Problem Based Learning. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas media pembelajaran Macromedia Flash berbasis Problem Based Learning tergolong kriteria sangat valid (84,25%), sangat praktis berdasarkan penilaian dari siswa kelompok kecil (85,33%) dan penilaian dari siswa kelompok terbatas (87,92%), sedangkan pemahaman konsep matematis siswa setelah menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash berbasis Problem Based Learning termasuk kriteria tinggi (89,44%). Hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa media pembelajaran Macromedia Flash berbasis Problem Based Learning telah valid, praktis dan mampu memfasilitasi pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Media Pembelajaran Macromedia Flash, Problem Based Learning, Pemahaman Konsep Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 19 Mar 2019 02:29 |
Last Modified: | 19 Mar 2019 02:29 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12161 |
Actions (login required)
View Item |