PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, DAN TRANSFERRING (REACT) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

FENTY EFFRYNA, (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, DAN TRANSFERRING (REACT) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS matematika berbasis pendekatan Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT) yang valid dan praktis untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Dwi Sejahtera Pekanbaru. Subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli teknologi pendidikan media pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta 6 siswa untuk uji kelompok kecil dan 30 siswa untuk uji kelompok terbatas dan objek penelitian adalah LKS matematika berbasis pendekatan Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT). Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan uji validitas, LKS matematika berbasis pendekatan Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT) dinyatakan kategori valid dengan persentase tingkat kevalidan 78,49%. Berdasarkan uji praktikalitas, LKS matematika berbasis pendekatan Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT) untuk kelompok kecil dinyatakan kategori sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 86,26%, untuk kelompok terbatas dinyatakan kategori sangat praktis dengan presentase tingkat kepraktisan 80,07%. Dari hasil tersebut mengidentifikasi bahwa LKS yang dikembangkan valid dan praktis. Berdasarkan tes kemampuan komunikasi matematis, LKS matematika berbasis pendekatan Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT) sudah memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis dengan persentase tingkat penguasaan yaitu 79,58% dinyatakan kategori sedang. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT), Kemampuan Komunikasi Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 18 Mar 2019 07:53
Last Modified: 18 Mar 2019 07:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12157

Actions (login required)

View Item View Item