FENTY EFFRYNA (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, DAN TRANSFERRING (REACT) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (364kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS matematika berbasis pendekatan Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT) yang valid dan praktis untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Dwi Sejahtera Pekanbaru. Subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli teknologi pendidikan media pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta 6 siswa untuk uji kelompok kecil dan 30 siswa untuk uji kelompok terbatas dan objek penelitian adalah LKS matematika berbasis pendekatan Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT). Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan uji validitas, LKS matematika berbasis pendekatan Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT) dinyatakan kategori valid dengan persentase tingkat kevalidan 78,49%. Berdasarkan uji praktikalitas, LKS matematika berbasis pendekatan Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT) untuk kelompok kecil dinyatakan kategori sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 86,26%, untuk kelompok terbatas dinyatakan kategori sangat praktis dengan presentase tingkat kepraktisan 80,07%. Dari hasil tersebut mengidentifikasi bahwa LKS yang dikembangkan valid dan praktis. Berdasarkan tes kemampuan komunikasi matematis, LKS matematika berbasis pendekatan Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT) sudah memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis dengan persentase tingkat penguasaan yaitu 79,58% dinyatakan kategori sedang. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT), Kemampuan Komunikasi Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 18 Mar 2019 07:53 |
Last Modified: | 18 Mar 2019 07:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12157 |
Actions (login required)
View Item |