NILAI KARAKTER DAN METODE PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN TASAWUF

Nurcahaya, and Akbarizan, and Srimurhayati, and Nurrahmi Hayani, and Afdhal Rinaldi, (2017) NILAI KARAKTER DAN METODE PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN TASAWUF. In: SEMINAR KEBANGSAAN TAMADUN DAN WARISAN ISLAM (TAWIS) 2017, 14 November 2017, Selangor, Malaysia.

[img] Text
Nilai Karakter dan Metode Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Tasawuf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tasawuf dikenal sebagai ajaran yang berhasil melahirkan pribadi-pribadi yang berakhlak mulia, berkarakter tinggi. Tasawuf memiliki cara, metode dan materi tersendiri dalam membentuk karakter-karakter yang hebat. Meskipun diakui pula bahwa tasawuf memiliki sisi negative dalam pengembangan intelektual dan kritis. Penulis melihat bahwa banyak ide-ide tasawuf mengenai pendidikan karakter sangat relevan pada zaman sekarang. Penelitian ini membatasi permasalahan-permasalahan; apa saja nilai-nilai karakter diajarkan kepada murid dalam tasawuf, dan bagaimana metode pendidikan karakter dalam tasawuf. Penelitian ini masuk dalam library research. Oleh karena itu, teknik analisis isi merupakan pilihan yang tepat untuk penelitian ini. Menurut Krippendorff, desain analisis isi secara rinci terdiri dari langkah-langkah; pengadaan data, pengurangan data, inferensi dan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan pertama, nilai-nilai afektif pendidikan yang diajarkan dalam tasawuf adalah mujahadah (kesungguhan), khawf (takut) dan raja’ (harap), iradah (kemauan), istiqamah (teguh hati) dan sabar, hurriyah (bebas) dan ikhlas (tulus), haya’ (malu), ghirah (cemburu), dan mahabbah (senang dan suka). Kedua, metode pembelajaran afektif dalam kitab al-Risalah al-Qusyairiyyah adalah metode ubudiyyah (ibadah), metode tauladan, metode latihan, metode cerita, metode pembiasaan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 07 Jun 2018 07:12
Last Modified: 07 Jun 2018 07:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12008

Actions (login required)

View Item View Item