TIPOLOGI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 LOGAS TANAH DARAT KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Ratna Laila, (2011) TIPOLOGI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 LOGAS TANAH DARAT KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2008_201161.pdf

Download (724kB) | Preview

Abstract

Untuk menjadikan kegiatan proses belajar mengajar menjadi mudah dan menyenangkan terlebih dahulu seseorang itu mesti mengetahui tipe belajar yang dimilikinya. Karena tidak sedikit orang yang tidak tahu tipe belajarnya dirinya sendiri. Tipe belajar dalam penelitian ini ada 3 macam yaitu visual, auditorial, dan kinestetik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah tipe belajar siswa. Penulis melihat di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi hasil belajarnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kurang maksimal. Ini dikarenakan siswa sendiri belum mengetahui tipe belajar yang dimilikinya, sehingga siswa merasa sulit untuk memahami pelajaran tersebut. Pertanyaan yang muncul adalah apa tipe belajar yang dimiliki siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tipe belajar yang dimiliki siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi. Maka untuk menemukan jawaban dari masalah di atas, penulis telah mengumpulkan data dengan menggunakan angket dan wawancara. Angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang tipe belajar siswa, sedangkan wawancara digunakan untuk memperkuat hasil dari angket yang telah dijawab oleh masing-masing siswa. Dan teknik analisa data dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan persentase. Dalam artian bahwa selain menggambarkan keadaan di lapangan, penulis juga memberikan persentase terhadap hasil angket. Setelah data diproses melalui teknik deskriptif kualitatif dengan persentase diperoleh kesimpulan bahwa 34,89% siswa yang memiliki tipe belajar Visual, dan 35,44% siswa yang memiliki tipe belajar Auditorial, sedangkan 29,67% siswa lainnya memiliki belajar Kinestetik. Penelitian ini berguna sebagai bahan informasi bagi siswa dan guru tentang tioe belajar dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan bahan masukan bagi sekolah khususnya sekolah yang diteliti, serta pengembangan wawasan keilmuan penulis dalam bidang Pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 21 Dec 2015 03:23
Last Modified: 21 Dec 2015 03:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12

Actions (login required)

View Item View Item