PERGULATAN MINORITAS MUSLIM THAILAND (Menelisik Peran Akademisi, Tokoh Agama & LSM dalam Upaya Mencari Solusi Konflik Berkepanjangan)

Helmiati, and Syafrida, and Depi Fitraini, and Susiba, (2016) PERGULATAN MINORITAS MUSLIM THAILAND (Menelisik Peran Akademisi, Tokoh Agama & LSM dalam Upaya Mencari Solusi Konflik Berkepanjangan). Project Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Suska Riau, Pekanbaru.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (354kB) | Preview

Abstract

Di Thailand Selatan telah lama terjadi konflik antara minoritas Muslim (separatis) dengan pihak pemerintah. Di tengah pusaran konflik dan kekerasan yang terjadi, ada realitas yang menarik, yaitu menguatnya gerakan yang berorientasi perdamaian, dimana terdapat pihak-pihak yang terus-menerus mengusahakan terjadinya perdamaian dan mencari solusi konflik antara minoritas Muslim dan pemerintah pusat tanpa hams mereduksi prinsip-prinsip tuntutan atau aspirasinya. Mereka adalah dari kalangan akademisi, kalangan terdidik, budayawan, tokoh agama dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Pertanyaannya adalah Bagaimana peran akademisi, tokoh agama, dan LSM dalam upaya mencari solusi konflik bagi minoritas Muslim di Thailand Selatan? Bagaimana pandangan dari masing-masing kelompok dan perorangan serta hubungan antar mereka dan kendala-kendala yang dihadapi atas konflik dan kekerasan yang berkepanjangan di Thailand Selatan? Bagaimana kalangan akademisi, tokoh agama dan LSM membangun konsep harmonisasi kultural, termasuk agama, serta menegosiasikan kepentingan politik di antara mereka sendiri, antara Muslim minoritas dengan penduduk mayoritas serta pemerintah pusat? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan kombinasi antara pendekatan dan metode penelitian sejarah. Data dikumpulkan melalui wawancara. observasi dan dokumentasi. Validitas atau keabsahan data diperiksa dengan metode triangulasi. Seluruh data yang terhimpun itu dikaji, dianalisis dan diinterpretasi, untuk diartikulasikan dalam konstruksi pembahasan yang sistematis, logis dan komprehensif. , Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kalangan terdidik seperti akademisi, tokoh agama dan LSM memainkan peran penting dalam membangun perdamaian di Thailand Selatan. Mereka mengambil strategi non-partisan atas kelompok-kelompok separatis yang sudah ada. Mereka lebih menekankan pada penyadaran masyarakat melalui penguatan ekonomi dan artikulasi politik melalui pembangunan kesejahteraan dan penyelesian masalah-masalah sosial yang rentan terhadap konflik, ketimbang memobilisasi masyarakat untuk membentuk gerakan tertentu. Mereka memanfaatkan keterbukaan untuk mengungkapkan agenda dan misinya kepada publik baik melalui media massa, publikasi, orasi, seminar, ceramah agama maupun melalui pengembangan SDM dan kapasitas masyarakat secara langsung. Hal iru menampakkan harapan baru bagi tercapainya suatu solusi yang lebih substansial bagi perdamaian. Kelompok-kelompok ini cenderung mengabaikan perbedaan kelompok politik dan bahkan suku serta latar belakang pemahaman keagamaan jika terjadi perbedaan. Dalam suara-suara yang bersifat publik misalnya mereka tampak bersatu meskipun memiliki latar belakang organisasi dan pemahaman keagamaan yang berbeda. Dengan demikian, munculnya kelompok-kelompok civil society ini juga memunculkan pluralitas yang asli di Thailand Selatan yang selama ini tertutupi karena penyeragaman internal di antara mereka.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 09 Apr 2018 09:10
Last Modified: 10 Apr 2018 04:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11964

Actions (login required)

View Item View Item