HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN KEPUASAN KERJA GURU DI SMA NEGERI 1 BATU BERSURAT KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Suriati, (2010) HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN KEPUASAN KERJA GURU DI SMA NEGERI 1 BATU BERSURAT KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010387MEN.pdf

Download (707kB) | Preview

Abstract

Kepuasan kerja pegawai perlu mendapatkan perhatian khusus karena kepuasaan kerja akan mempengaruhi tujuan suatu organisasi. Kepuasan kerja setiap pegawai tentunya berbeda antara satu dengan yang lainnya, karena setiap individu mempunyai karakteristik dan kebutuhan yang berbeda pula. Komunikasi interpersonal akan lebih efektif apabila terjadi secara baik, sopan, dan lemah lembut serta menyejukkan, dan dalam suasana yang hangat dan bersahabat, sehingga mendapat input-input sebagai bahan masukan untuk mengevaluasi perkembangan pribadi, kelompok maupun organisasi dapat diterima. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Komunikasi Interpersonal dengan kepuasan kerja guru di SMA Negeri 1 Batu Bersurat Kecamatan Batu Besurat Kabupaten Kampar. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan penulis menggunakan 3 (tiga) teknik pengumpulan data yaitu kuesiner, wawancara, dan dokumentasi. Dalam mengolah data kualitatif, penulis menggunakan teknik analisis Korelasi Product moment yang dikemukakan oleh Pearson. Variable data penelitian adalah X dan Y, X adalah komunikasi interpersonal dan Y adalah kepuasan kerja guru. Tingkat pengaruh antara kedua variabel berada pada kategori sedang atau cukup kuat yaitu 0.605 (Sugiyono, 2005:214). Koefisien determinasi (R square) adalah 0,366 kontribusi tingkat komunikasi interpersonal guru dengan kepuasan kerja guru adalah sebesar 36.6% selebihnya ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yang berbunyi “Ada hubungan antara Komunikasi Interpersonal Guru dengan Kepuasan Kerja Guru dapat diterima”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 31 Oct 2017 08:19
Last Modified: 31 Oct 2017 08:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11854

Actions (login required)

View Item View Item