ANALISIS JIWA KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA MAKANAN KHAS RIAU BOLU KEMOJO DI KOTA PEKANBARU

Yuli Fata Yati, (2010) ANALISIS JIWA KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA MAKANAN KHAS RIAU BOLU KEMOJO DI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010304MEN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jiwa kewirausahaan yang terdiri dari (percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, pengambilan resiko, keorisinilan, dan kepemimpianan) yang dimiliki oleh pemilik atau pengusaha industri rumah tangga makanan khas Riau bolu kemojo di Kota Pekanbaru terhadap keberhasilan usaha pada industri rumah tangga makanan khas Riau bolu kemojo di Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan pada industri rumah tangga makanan khas Riau bolu kemojo di Kota Pekanbaru, jenis dan sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder dan metode pengambilan sampel yang dilakukan dengan metode sensus dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel, sedangkan analisis data menggunakan metode analisis deskriptif yaitu mengumpulkan data kemudian ditabulasi kedalam tabel dan diuraikan secara sistematis serta dengan menggunakan analisis kuantitatif yakni metode statistik yaitu regresi linier berganda untuk mengetahui hubungan antara variabel terikat (Y) dengan lima variabel bebas (X). Dari hasil penelitian penulis mengambil kesimpulan bahwa jiwa kewirausahaan yang terdiri dari percaya diri (X 1 ), berorientasi pada tugas dan hasil (X ), pengambilan resiko (X 3 ), keorisinilan (X 4 ), kepemimpianan (X ) berpengaruh secara bersama-sama terhadap keberhasilan usaha. Ini terlihat dari hasil pengujian melalui paket program computer yaitu program yaitu program computer yaitu program SPSS dengan menggunakan uji regresi simultan (serentak) dengan cara distribusi F, yaitu dimana F hitung = 39.829> F tabel 5 = 2,586 sedangkan berdasarkan besarnya koefisien determinasi yaitu 0,862 atau 86,2 % menunjukkan bahwa variasi perubahan nilai variabel bebas dapat menjelaskan variasi perubahan variablel terikatt. Kemudian dengan menggunakan uji regresi secara parsial (satu-persatu) yaitu dapat disimpulkan bahwa variabel percaya diri (X 1 ) T hitung X 1 =2,484 berorientasi tugas dan hasil (X ) T hitung X 2 =2,376 pengambilan resiko (X =2,916 kepemimpinan (X 5 ) T hitung X 5 3 ) T hitung X 3 =3,068 keorisinilan (X =2,618 berpengaruh signifikan (sangat erat) terhadap keberhasilan usaha pada industri rumah tangga makanan khas Riau bolu kemojo di Kota Pekanbaru. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada para pemilik industri rumah tangga makanan khas Riau bolu kemojo yang ada agar meningkatkan dan menerapkan jiwa kewirausahaan dalam pengolaan usahanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 31 Oct 2017 04:51
Last Modified: 31 Oct 2017 04:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11806

Actions (login required)

View Item View Item