Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS SISTEM ANTRIAN GUNA MENINGKATKAN EFEKTIFITASPELAYANAN PADA RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA EKANBARU

Syaifullah (2010) ANALISIS SISTEM ANTRIAN GUNA MENINGKATKAN EFEKTIFITASPELAYANAN PADA RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA EKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010293MEN.pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru yang merupakan salah satu instansi swasta yang bergerak di bidang kesehatan yang beralamat di Jalan Melati No.60 Pekanbaru. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui sistem antrian yang ada di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru serta untuk mengetahui kebijaksanaan yang dilakukan Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru dalam menerapkan efisiensi dan efektifitas pelayanan. Sistem antrian yang diterapkan pada Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru yaitu dengan menggunakan sistem antrian multi channel single phase yakni adanya dua fasilitas pelayanan yang dapat dilakukan pelayanan secara bersama pada saat yang sama dengan satu stasiun pelayanan.Disiplin antrian yang diterapkan First Come, First Out Server (FCFS) dengan panjang antrian tidak terbatas (unlimited). Berdasarkan hasil perhitungan sistem antrian yang berlangsung untuk 2 karyawan di loket pendaftaran pada Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru adalah probabilitas tidak ada pasien atau pelanggan 4,16%, jumlah pasien menunggu dalam sistem antrian kurang lebih sebanyak 3 orang, total waktu menunggu dalam antrian 23 menit, serta dengan membandingkannya dengan varian waktu pelayanan di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru, pelayanan kesehatan yang terjadi di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru belum berjalan dengan maksimal dan efisien karena masih lamanya waktu yang dibutuhkan pasien untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Dari hasil tersebut, didapatkan kesimpulan bahwa dengan menggunakan 2 karyawan di Loket Pendaftaran, pelayanan belum terlaksana dengan efisien dan efektif melihat kondisi yang terjadi di rumah sakit tersebut bahwa panjang antrian tidak terbatas dan berlangsung lama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 31 Oct 2017 04:30
Last Modified: 31 Oct 2017 04:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11791

Actions (login required)

View Item View Item