ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN MELALUI SEGMENTASI PASAR DAN PRODUCT POSITIONING PADA MOBIL MEREK GRAND MAX, ZEBRA DAN ESSPAS PADA PT. ASTRA INTERNATIONAL TBK - DAIHATSU CABANG PEKANBARU

Zulfikar, (2010) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN MELALUI SEGMENTASI PASAR DAN PRODUCT POSITIONING PADA MOBIL MEREK GRAND MAX, ZEBRA DAN ESSPAS PADA PT. ASTRA INTERNATIONAL TBK - DAIHATSU CABANG PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010204MEN.pdf

Download (427kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada PT. Astra International Tbk Daihatsu Cabang Pekanbaru yang berlokasi di Jalan Jendral Sudirman No. 26-28 Pekanbaru terhitung mulai dari tanggal 1 Desember 2009 s/d 3 Mei 2010. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel bebas yaitu segmentasi pasar (X1) dan product positioning (X2) terhadap variabel terikat yaitu kepuasan konsumen (Y) pada PT. Astra International Tbk Daihatsu Cabang Pekanbaru. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah konsumen PT. Astra International Tbk Daihatsu Cabang Pekanbaru yang berjumlah 892 orang. Kuesioner disebarkan kepada 95 orang konsumen dan yang menjadi sampel sebanyak 90 orang dengan menggunakan metode Accidental Sampling sedangkan analisis datanya dengan menggunakan analisis kuantitatif. Dari hasil penelitian dengan menggunakan program SPSS versi 16.0 maka diperoleh hasil bahwa konsumen merasa puas terhadap mobil Grand Max, Zebra dan Esspas yang dilihat melalui segmentasi pasar dan product positioning pada PT. Astra International Tbk Daihatsu Cabang Pekanbaru. Dimana terbukti nilai F dari hasil penelitian ini adalah sebesar 49,308 > F 3,09770. Sedangkan nilai koefisien korelasi (r) yang diperoleh dari korelasi product tabel moment sebesar 0,729 yang menyatakan bahwa konsumen merasa puas terhadap mobil Grand Max, Zebra dan Esspas yang dilihat melalui segmentasi pasar dan product positioning pada PT. Astra International Tbk Daihatsu Cabang Pekanbaru. Dan koefisien determinasi (r 2 ) sebesar 53,1% yang menyatakan bahwa kedua variabel independen yaitu segmentasi pasar dan product positioning secara bersamasama mampu menjelaskan terhadap variabel terikatnya sebesar 53,1% atau konsumen mersa puas pada mobil Grand Max, Zebra dan Esspas yang dilihat melalui segmentasi pasar dan product positioning sebesar 53,1% sedangkan sisanya sebesar 46,9% dapat diterangkan sebagai konsumen yang tidak merasa puas. Dan variabel yang paling dominan adalah product positioning karena memiliki taraf kesalahan lebih kecil dari signifikan yaitu 0,000 dari 0,05. Jika PT. Astra International Tbk Daihatsu Cabang Pekanbaru ingin meningkatkan kepuasan konsumen maka perusahaan harus memperhatikan segmentasi pasar dan product positioning semaksimal mungkin sehingga tercapai tujuan perusahaan yang diinginkan. hitung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 31 Oct 2017 04:16
Last Modified: 31 Oct 2017 04:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11784

Actions (login required)

View Item View Item