HUBUNGAN PERSEPSI TERHADAP PELAJARAN EKSAKTA DENGAN MINAT MEMILIH JURUSAN IPA PADA SISWA SMA NEGERI 2 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

M. Amin, (2011) HUBUNGAN PERSEPSI TERHADAP PELAJARAN EKSAKTA DENGAN MINAT MEMILIH JURUSAN IPA PADA SISWA SMA NEGERI 2 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201119.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengkaji secara ilmi ah hubungan antara persepsi terhadap pelajaran eksakta dengan minat memilih jur usan IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidak nya hubungan positif antara persepsi terhadap pelajaran eksakta dengan minat me milih jurusan IPA. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian korelasional yang ter diri dan dua variabel, yaitu satu variabel bebas Persepsi Terhadap Pelajaran Eksakta (X) dan s atu variabel terikat Minat Memilih Jurusan IPA (Y). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Tambang pada bulan Januari 2011 dengan menggunakan metode skala likert yang di modifikasi menjadi empat alternatif pilihan jawaban. Teknik yang digunakan dalam pengam bilan sampel adalah proporsional random sampling. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X (sepuluh) SMA Negeri 2 Tambang yang berjumlah 46 orang. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan tekni k statistik korelasi sederhana dengan bantuan komputer program SPSS for windows 16 .0. Dari hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 0,846 dan probabilit as (p) = 0,000 pada taraf signifikan 0,01. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan, yaitu terda pat hubungan yang signifikan bersifat positif antara persepsi terhadap pelajaran eksakta dengan minat memilih jurusan IPA pada siswa SMA Negeri 2 Tambang Kabupaten Kampa r. Dalam penelitian ini diperoleh Rsq sebesar 716 artinya kontribusi persepsi terhada p pelajaran eksakta dengan minat memilih jurusan IPA adalah sebesar 71,6%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 153 Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental
Divisions: Fakultas Psikologi > Bagian Psikologi Perkembangan Pendidikan
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 16 Jan 2016 06:39
Last Modified: 16 Jan 2016 06:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1174

Actions (login required)

View Item View Item