POLA PEMBERDAYAAN PONDOK PESANTREN ISLAMIC CENTRE AL-HIDAYAH KAMPAR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SANTRI

Syamsir, (2010) POLA PEMBERDAYAAN PONDOK PESANTREN ISLAMIC CENTRE AL-HIDAYAH KAMPAR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SANTRI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010128MD.pdf

Download (347kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “POLA PEMBERDAYAAN PONDOK PESANTREN ISLAMIC CENTRE AL-HIDAYAH KAMPAR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SANTRI” Dalam menentukan maju mundurnya lembaga pendidikan ini tidak bisa dipisahkan dari sumber daya manusianya, telah menjadi kesepakatan para ahli, bahwa sumber daya manusia merupakan aset penting, bahkan dianggap paling penting di antara sumberdaya-sumberdaya lainnya dalam setiap usaha memajukan suatu masyarakat atau bangsa. Namun dalam kenyataannya sumber daya manusia baru menjadi asset penting dan berharga, apabila sumber daya manusia tersebut mempunyai kualitas yang tinggi. Penelitian ini penulis lakukan pada yayasan pendidikan pondok pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar yang beralamat di jalan Negara PekanbaruBangkinang KM. 39 Kampar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pola pemberdayaan pondok pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar dalam meningkatkan kualitas santri, apa faktor yang mempengaruhi pola pemberdayaan pondok pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar dalam meningkatkan kualitas santri. Sedangkan yang menjadi tujuan dari penelitian ini yaitu :untuk mengetahui bagaimana pola pemberdayaan pondok pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar dan mengetahui faktor yang mempengaruhi dalam meningkatkan kualitas santri. Sedangkan yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah pimpinan dan pengurus pondok pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar sedangakan objeknya adalah pola pemberdayaan pondok pesantren dalam meningkatkan kualitas santri. Populasi adalah seluruh pengurus podok pesantren yaitu sebanyak 12 orang. Adapun sampel dari penelitian ini adalah seluruh populasi dan penelitian ini merupakan penelitian populasi. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data yaitu melalui wawancara kepada pengurus pondok pesantren Islamic Centre AlHidayah Kampar dan dengan metode observasi juga dokumentasi dari pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan analisis diskriptif kualitatif yang mengambarkan tentang pola Pemberdayaan pondok pesantren Islamic Centre AlHidayah Kampar dalam meningkatkan kualitas santri. Berdasarkan hasi penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pola pemberdayaan pondok pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar menerapkan pola yang flexibl. Hal ini dapat dilihat dari jawaban dari responden dan analisis data yang penulis lakukan mengenai pola pemberdayaan pondok pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 25 Oct 2017 07:10
Last Modified: 25 Oct 2017 07:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11738

Actions (login required)

View Item View Item