RATEGI PENGELOLAAN PT. SEKAPUR SIRIH TOUR DAN TRAVEL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN HAJI DI KOTA PEKANBARU

Taufik Salim, (2010) RATEGI PENGELOLAAN PT. SEKAPUR SIRIH TOUR DAN TRAVEL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN HAJI DI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010126MD.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

Ibadah haji merupakan rukun Islam yang ke lima sebagaimana ibadah yang diwajibkan. Di Indonesia penyelenggaraan ibadah haji merupakan tugas Nasional karena menyangkut kesejahteraan lahir-batin jamaah haji. Dalam upaya meningkatkan penyelenggaraan ibadah haji bagi umat Islam juga terdapat penyelenggaraan haji khusus yang ditetapkan oleh menteri yang tercantum dalam Undang-undang Nomor 17 Tahun 1999. Pada umumnya penyelenggaraan haji khusus diselenggarakan oleh biro-biro traveling, termasuk diantaranya PT. Sekapur Sirih Tour dan Travel. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pengelolaan PT. Sekapur Sirih Tour dan Travel dalam meningkatkan kualitas pelayanan haji di Kota Pekanbaru dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Tujuannya untuk mengetahui strategi pengelolaan PT. Sekapur Sirih Tour dan Travel dalam meningkatkan kualitas pelayanan haji di Kota Pekanbaru dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang menggambarkan tentang strategi pengelolaan PT. Sekapur Sirih Tour dan Travel dalam meningkatkan kualitas pelayanan haji. Adapun hasil analisis menunjukan bahwa strategi pengelolaan PT. Sekapur Sirih Tour dan Travel dalam meningkatkan kualitas pelayanan haji di Kota Pekanbaru sudah sesuai Undang-undang Nomor 17 Tahun 1999, tetapi belum maksimal dalam proses pelaksanaannya. Dalam hal pelayanan ibadah haji, strategi pengelolaan yang dilakukan dengan meningkatkan pelayanan berdasarkan standarnya. Dalam hal promosi, PT. Sekapur Sirih Tour dan Travel menggunakan media cetak dan media elektronik. Dalam melayani jamaah haji, PT. Sekapur Sirih Tour dan Travel masih memakai legalitas PT. Diyoshiba. Pelayanan penerimaan pendaftaran dengan mengisi formulir yang disediakan dan melengkapi persyaratan, dapat dilakukan melalui via telepon. Memiliki pembimbing atau petugas ibadah haji mampu berbahasa inggris dan bahasa arab dan berpengalaman. Melakukan pembekalan dengan mengadakan manasik haji sebanyak 4 kali. Untuk petugas kesehatan perusahaan bekerjasama dengan pihak rumah sakit. Melakukan pelaporan kepada perwakilan Republik Indonesia di Arab Saudi pada saat tiba dan kembali. Memberangkatkan dan memulangkan jamaah haji tepat pada waktunya. Untuk pemberangkatan yang digunakan yaitu transportasi udara dan transportasi darat. Pelayanan akomodasi meliputi: Paket gold, paket VIP dan Paket ekonomis. Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pengelolaan PT. Sekapur Sirih Tour dan Travel dalam meningkatkan kualitas pelayanan haji seperti: Adanya sumber daya manusia yang berkualitas, integritas, komitmen, teamwork, kompetitif serta inisiatif. Adanya kebersamaan dan kerja sama, adanya perlakuan adil diantara karyawan, memberikan hak karyawan tepat pada waktunya dan pemberdayaan karyawan dengan baik. Adanya fasilitas untuk karyawan dan jamaah haji. Adanya hubungan komunikasi dengan cara saling menghormati, menghargai, tata krama, sopan santun, jujur, amanah dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 25 Oct 2017 07:04
Last Modified: 25 Oct 2017 07:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11736

Actions (login required)

View Item View Item