Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

AKTIFITAS YAYASAN DAR-EL HIKMAH KOTA PEKANBARU DALAM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

Noprian (2010) AKTIFITAS YAYASAN DAR-EL HIKMAH KOTA PEKANBARU DALAM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201012MD.pdf

Download (374kB) | Preview

Abstract

Berdirinya lembaga pendidikan agama di Kota Pekanbaru mencerahkan sumber daya anak-anak bangsa. Salah satunya yayasan Dar-el Hikmah merupakan lembaga pendidikan yang menjalankan aktivitas dakwah, sebagai contoh didalamnya terselenggara proses belajar megajar, yaitu kegiatan pendididikan di pontren (pondok pesantren ) dilaksanakan secara formal dengan mengacu kepada kurikulum Departemen Agama dan Departemen Pendidikan Nasional. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana bentuk aktifitas yang dilakukan Yayasan Pondok Pesantren Dar-el Hikmah Kota Pekanbaru dalam pengembangan sumber daya manusia. Untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi aktifitas Yayasan Pondok Pesantren Dar-el Hikmah Kota Pekanbaru dalam pengembangan sumber daya manusia. Melihat upaya apa yang dilakukan Yayasan Pondok Pesantren Dar-el Hikmah Kota Pekanbaru dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskiriptif kualitatif yaitu melihat keadaan sebenar yang terjadi pada Pondok Pesantren Dar-El Hikmah Kota Pekanbaru. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis pada Yayasan Pndok Pesantren Dar-El Hikmah dapat diperhatikan bahwa Aktivitas Yayasan Pondok Pesantren Dar-El Hikmah Kota Pekanbaru dalam meningkatkan kualitas sum ber daya manusia berjalan sesuai dengan fungsi manajemen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan penulis dapat dilihat bahwa Yayasan Pondok Pesantren Dar-El Hikmah Kota Pekanbaru telah menjalankan tugas dengan baik sebagai yayasan yang mampu mengelola sendiri debngan bantuan dari berbagai pihak. Organisasi ini telah menjalankan pelaksanaan manajemen dakwah sesuai dengan tuntutan manajemen secara umum. Dengan perencanaan dakwah yang dilakukan lewat pembentukan pengurus serta penetapan program kerja berdasarkan musyawarah berhasil membuat kegiatan yang mempunyai target jangka pendek dan jangka panjang. Faktor pendukung yang ada dalam pelaksanaan manajemen pada Yayasan Pondok Pesantren Dar-El Hikmah Kota Pekanbaru seperti perkembangan ilmu dan teknologi, keaktifan pengurus yayasan dan peserta didik yang kreatif, serta kerjasama yang baik dengan pihak lain untuk pengembangan sumber daya manusia yang baik sangat mendukung terlaksananya manajemen pada Yayasan Pondok Pesantren Dar-El Hikmah Kota Pekanbaru dengan baik. Namun demikian ada beberapa hal yang harus diperhatikan Yayasan Pondok Pesantren Dar-El Hikmah Kota Pekanbaru yaitu masuknya budaya asing negatif yang bisa merusak moral generasi muda, kurangnya perhatian dan kerjasama dengan pihak lain serta dana, karena dana sangat menentukan jalannya program kerja Yayasan Pondok Pesantren Dar-El Hikmah Kota Pekanbaru. Upaya yang dilakukan oleh Yayasan Pondok Pesantren Dar-El Hikmah Kota Pekanbaru sangat baik sehingga persiapan dan upaya dilakukan tidak sia-sia dan mendapat hasil yang sempurna. Untuk mengejar visi dan misi Riau 2020 perlu persiapan mapan diberbagai bidang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 25 Oct 2017 07:01
Last Modified: 25 Oct 2017 07:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11734

Actions (login required)

View Item View Item