PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA HIDAYATUL MUSTAFID TELUK KABUNG KECAMATAN GAUNG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Haniati, (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA HIDAYATUL MUSTAFID TELUK KABUNG KECAMATAN GAUNG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013188PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sains pokok bahasan Rangka dan Panca Indera Manusia pada siswa kelas IV MIS Hidayatul Mustafid Teluk Kabung Kecamatan Gaung Kabupaten Indragiri Hilir melalui Strategi Giving Question and Getting Answer. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS Hidayatul Mustafid Teluk Kabung Kecamatan Gaung Kabupaten Indragiri Hilir semester ganjil tahun ajaran 2012/2013. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari analisa data dengan menggunakan rumus persentase yaitu hasil belajar siswa jika dilihat secara klasikal pada sebelum tindakan rata-rata hasil belajar siswa 54.5% dengan klasifikasi kurang, pada siklus I pertemuan pertama hasil belajar siswa tetap 58% dengan klasifikasi kurang, pada siklus I pertemuan kedua hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 60% dengan klasifikasi Baik/Minimal. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 65% dengan klasifikasi Baik/Minimal. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 80% dengan klasifikasi Baik Sekali/Optimal pada siklus II pertemuan kedua Berdasarkan analisa data dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Giving Question and Getting Answer dapat meningkatkan hasil belajar sains pokok bahasan Rangka dan Panca Indera Manusia pada siswa kelas IV MIS Hidayatul Mustafid Teluk Kabung Kecamatan Gaung Kabupaten Indragiri Hilir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 23 Dec 2015 02:40
Last Modified: 23 Dec 2015 02:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/117

Actions (login required)

View Item View Item