Taslim (2010) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI GURU TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN MOTIVASI KERJA GURU DI KECAMATAN BANGKINANG BARAT KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_201056PSI.pdf Download (451kB) | Preview |
Abstract
Penelitian korelasional ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah dengan motivasi kerja guru. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru yang berstatus sebagai guru SD Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar yang berjumlah 147 orang yang kemudian keseluruhannya digunakan sebagai sampel penelitian.Tehnik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah tehnik studi populasi. Pengambilan data dengan menggunakan instrumen penelitian berupa skala persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah dan skala motivasi kerja guru yang mengacu pada model skala likert yang telah dimodifikasi dengan menggunakan empat alternatif pilihan jawaban. Skala persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah yang terdiri dari 45 aitem dan skala motivasi kerja yang terdiri dari 30 aitem, yang di antaranya adalah aitem favorable dan unfavorable. Hasil penelitian kemudian diolah dengan menggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson, sehingga diperoleh validitas. Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan teknik alpha. Berdasarkan hasil yang diuji, validitas untuk instrumen penelitian skala persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah koefisien validitas berkisar antara 0,446-0,936 dengan koefisien reliabilitas sebesar 0, 984. Sedangkan untuk skala motivasi kerja guru koefisien validitas berkisar antara 0,356 - 0,961 dengan koefisien reliabilitas sebesar 0, 978. Uji validitas dan reliabilitas diukur dengan bantuan komputer program SPSS 14,0 for windows. Analisa data menggunakan teknik korelasi product moment menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,571 dengan signifikansi 0,000. Maka hipotesis penelitian ini diterima, yaitu terdapat hubungan antara persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah dengan motivasi kerja guru yang berstatus sebagai Guru SD Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar. Artinya, semakin baik persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah, maka akan semakin tinggi motivasi kerja guru yang berstatus sebagai Guru SD Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar. Sebaliknya, semakin buruk persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah, maka akan semakin rendah motivasi kerja guru yang berstatus sebagai Guru SD kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar. Kata Kunci : Persepsi Guru terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 09:20 |
Last Modified: | 16 Oct 2017 09:20 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11607 |
Actions (login required)
View Item |