HUBUNGAN ANTARA GAYA PENGASUHAN ORANG TUA DENGAN PERILAKU DISIPLIN DI SEKOLAH (PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 TAPUNG)

Tini Kartini, (2010) HUBUNGAN ANTARA GAYA PENGASUHAN ORANG TUA DENGAN PERILAKU DISIPLIN DI SEKOLAH (PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 TAPUNG). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201053PSI.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

Gaya pengasuhan orangtua merupakan gambaran tentang cara dan perilaku yang ditunjukkan orang tua terhadap anak dalam berinteraksi, berkomunikasi selama proses kegiatan pengasuhan. Ada tiga macam bentuk gaya pengasuhan orang tua yaitu, Gaya pengasuhan authoritarian, gaya pengasuhan permissive,dan gaya pengasuhan authoritative. Disiplin adalah kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan atau ketertiban. Nilai-nilai tersebut telah menjadi bagian perilaku dalam kehidupannya. Perilaku itu tercipta melalui keluarga dalam proses penerapan gaya pengasuhan orang tua, pendidikan dan pengalaman. Dalam mematuhi aturan-aturan, tugas yang mencakup dalam semua aktivitas mulai dari waktu belajar, bergaul sampai hal-hal yang sekecil-kecilnya harus diatur dengan cermat baik di sekolah, dirumah dan dalam lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara gaya pengasuhan orang tua dengan perilaku disiplin di Sekolah. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara gaya pengasuhan orang tua dengan perilaku disiplin di sekolah pada siswa SMPN 2 Tapung. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMPN 2 Tapung yang berjumlah 144 siswa, diambil sampel sebanyak 72 orang. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian kemudian diolah dengan menggunakan teknik koefisien korelasi product moment dari Person, dengan bantuan computer program Statical Product and Service Solution (SPSS). Untuk reliabilitas instrument diuji dengan menggunakan teknik Alpha. Untuk variabel gaya pengasuhan orang tua diperoleh validitas sebesar 0,3170–0,7509 dengan reliabilitas 0,9175, sedangkan untuk variabel perilaku disiplin di sekolah diperoleh validitas yang berkisar antara 0,3218–0,7472 dengan reliabilitas 0,9454. Berdasarkan hasil analisa data maka diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,404 pada taraf signifikansi 0,000. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima, terdapat hubungan antara gaya pengasuhan orang tua dengan perilaku disiplin di sekolah pada siswa SMPN 2 Tapung. Kata kunci: Gaya Pengasuhan Orang Tua, Perilaku Disiplin Di Sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 09:18
Last Modified: 16 Oct 2017 09:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11605

Actions (login required)

View Item View Item