Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERBEDAAN RELIGIUSITAS PADA DIMENSI PENGETAHUAN AGAMA ANTARA MAHASISWI MUSLIM BERJILBAB DENGAN MAHASISWI MUSLIM TIDAK BERJILBAB DI UNIVERSITAS RIAU

Susanti Suhra (2010) PERBEDAAN RELIGIUSITAS PADA DIMENSI PENGETAHUAN AGAMA ANTARA MAHASISWI MUSLIM BERJILBAB DENGAN MAHASISWI MUSLIM TIDAK BERJILBAB DI UNIVERSITAS RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201051PSI.pdf

Download (767kB) | Preview

Abstract

Syari’at Islam secara jelas menghendaki para muslimah untuk menutupi seluruh auratnya. Mengenakan jilbab adalah satu di antara kewajiban bagi muslimah agar dapat menutup aurat mereka dengan sempurna. Namun fenomena yang terlihat akhir-akhir ini adalah adanya muslimah yang tidak mau atau enggan untuk mengenakan jilbab, atau hanya berjilbab bila dalam suasana formal tertentu saja, dan bahkan hanya bila diwajibkan oleh peraturan saja. Belakangan ini juga semakin marak penggunaan jilbab “gaul” yang sesungguhnya tidak sesuai dengan aturan yang disyari’atkan dalam Islam. Universitas Riau adalah satu di antara universitas umum tertua di Riau yang memiliki beberapa fakultas dengan mayoritas mahasiswinya beragama Islam. Namun dari keseluruhan mahasiswi muslimah yang ada di Fakultas MIPA ternyata masih banyak yang tidak berjilbab,di antaranya ada yang berjilbab. Hal tersebut ternyata antara lain dilatarbelakangi oleh pengetahuan agama mereka yang juga berbeda. Dari fenomena tersebut maka di lakukan penelitian yang bertujuan untuk mengungkap apakah terdapat perbedaan religiusitas pada dimensi pengetahuan agama antara mahasiswi muslimah berjilbab dengan mahasiswi muslimah tidak berjilbab di Fakultas MIPA universitas Riau. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswi Fakultas MIPA tahun akademik 2007/2008 yang sedang aktif kuliah di Universitas Riau, dengan jumlah sebanya 268 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Purpossive Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 134 orang yang terdiri dari dua kelompok, yakni 44 orang yang tidak berjilbab dan sisanya sebanyak 90 orang yang berjilbab. Validitas skala religiusitas pada dimensi pengetahuan agama yang diperoleh berkisar antara 0.3184 sampai 0.6935, dengan koefisien reliabilitas 0.9097. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan T- test (Independent samples test) dengan bantuan program komputer SPSS 11.5 for windows diperoleh sebesar 0,843. jika dibandingkan dengan T-tabelpada standar deviasi132 yaitu sebesar 1,98 maka penelitian ini menunjukkan bahwa hasil T-observasi lebih kecil dari T-tabelnya, sehingga dapat di simpulkan bahwa hipotesa dalam penelitian ini ditolak. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan religiusitas pada dimensi pengetahuan agama antara mahasiswi muslimah berjilbab dengan mahasiswi muslim tidak berjilbab di Fakultas MIPA universitas Riau. Artinya Tidak terdapat perbedaan religiusitas pada dimensi pengetahuan agama yang signifikan antara mahasiswi muslim berjilbab dengan mahasiswi muslim tidak berjilbab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 09:16
Last Modified: 16 Oct 2017 09:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11603

Actions (login required)

View Item View Item