HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KONSEP DIRI PADA NARAPIDANA YANG TERLIBAT PENYALAHGUNAAN NAPZA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEKANBARU

Winda Lestari, (2010) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KONSEP DIRI PADA NARAPIDANA YANG TERLIBAT PENYALAHGUNAAN NAPZA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201041PSI.pdf

Download (438kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sacara empiris hubungan antara kecerdasan emosional dengan konsep diri pada narapidana yang terlibat penyalahgunaan NAPZA di Lembaga Pemasyarakatan Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan melakukan studi populasi sebab jumlah narapidana yang terlibat penyalahgunaan NAPZA di Lembaga Pemasyarakatan Pekanbaru yang memenuhi kriteria hanya berjumlah 82 orang, maka seluruh narapidana ini dijadikan sebagai subjek penelitian. Hipotesis penelitian yang diajukan adalah semakin tinggi kecerdasan emosional narapidana yang terlibat penyalahgunaan NAPZA maka akan semakin positif pula konsep dirinya. Variabel pertama dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional. Data diperoleh dengan menggunakan skala yang dibuat dengan model skala Likert. Variabel kedua adalah konsep diri. Data diperoleh dengan menggunakan Tennessee Self Concept Scale dari Fitts. Dari hasil uji validitas skala didapatkan item valid skala kecerdasan emosional sebanyak 50 item dari 120 item yang tersedia, dengan reliabilitas α = 0,9073 sedangkan dari Tennessee Self Concept Scale, didapatkan item yang valid sebanyak 52item dari 100 item yang tersedia dengan reliabilitas α = 0,9171. Data yang diperoleh dari pengukuran berupa data ordinal dan pengolahan data menggunakan “uji koefisien Rank Spearman (rs)”. Dari hasil pengolahan data melalui SPSS 11.0 for Windows, dengan taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh thit (9,988) > ttab (1,994). Berarti Ho ditolak dan Hi diterima, maka dapat ditarik ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan konsep diri narapidana yang terlibat penyalahgunaan NAPZA. Artinya semakin tinngi kecerdasan emosional narapidana yang terlibat penyalahgunaan NAPZA akan semakin positif pula konsep dirinya. Kata Kunci : KE, KD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 09:04
Last Modified: 16 Oct 2017 09:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11594

Actions (login required)

View Item View Item