Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN SIKAP TERHADAP ANAK AUTIS DENGAN MOTIVASI ORANGTUA UNTUK MENYEMBUHKAN ANAK AUTIS DI YAYASAN INSAN PEDULI AUTIS (YIPA) PEKANBARU

Ismala Hayati Dewi (2010) HUBUNGAN SIKAP TERHADAP ANAK AUTIS DENGAN MOTIVASI ORANGTUA UNTUK MENYEMBUHKAN ANAK AUTIS DI YAYASAN INSAN PEDULI AUTIS (YIPA) PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201040PSI.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara sikap terhadap anak autis dengan motivasi orangtua untuk menyembuhkan anak autis di yayasan insan peduli autis (YIPA) pekanbaru. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan antara sikap terhadap anak autis dengan motivasi orangtua untuk menyembuhkan anak autis di yayasan insan peduli autis (YIPA) pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik korelasional dan menggunakan penelitian populasi karena jumlah sample yang kurang dari 100 orang yaitu berjumlah 33 orangtua anak autis. Instrumen penelitian berbentuk skala dengan model likert yang telah dimodifikasi. Variable sikap terhadap anak autis dan variable motivasi orangtua untuk menyembuhkan anak autis masing-masing terdiri dari 21 item yang terdiri dari pernyataan favourable dan unfavourable dengan format respon berupa 4 alternatif jawaban yaitu sangat sesuai (SS), sesuai (S), tidak sesuai (TS) dan sangat tidak sesuai (STS). Validitas alat ukur penelitian diuji dengan teknik koefisien korelasi product moment dari Karl Pearson sedangkan reliabilitas alat ukur diuji dengan teknik α (alpha). Hasil uji validitas untuk instrumen sikap terhadap anak autis berkisar antara 0,3078-0,8006. Sedangkan hasil uji validitas untuk instrumen motivasi orangtua untuk menyembuhkan anak autis di yayasan insan peduli autis (YIPA) pekanbaru berkisar antara 0,3333-0,8674. Hasil uji reliabilitas pada variable sikap terhadap anak autis menunjukkan angka 0,9321. sedangkan hasil uji reliabilitas pada variable motivasi orangtua untuk menyembuhkan anak autis di yayasan insan peduli autis (YIPA) pekanbaru menunjukkan angka 0,9470. Uji validitas dan reliabilitas alat ukur dikerjakan dengan bantuan komputer program SPSS 11,5 for windows. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik product moment dari Karl Pearson. Hasil analisis menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,607 pada taraf signifikansi 0,000. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini ini diterima. Dengan kata lain, terdapat hubungan yang positif antara sikap terhadap anak autis dengan motivasi orangtua untuk menyembuhkan anak autis di yayasan insan peduli autis (YIPA) pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 09:03
Last Modified: 16 Oct 2017 09:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11593

Actions (login required)

View Item View Item