Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA PERILAKU OVER PROTECTIVE ORANG TUA DENGAN PENYESUAIAN DIRI REMAJA (Studi Pada Siswa kelas II SMA Negeri 12 Pekanbaru)

Bobi Ardas (2010) HUBUNGAN ANTARA PERILAKU OVER PROTECTIVE ORANG TUA DENGAN PENYESUAIAN DIRI REMAJA (Studi Pada Siswa kelas II SMA Negeri 12 Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201039PSI.pdf

Download (536kB) | Preview

Abstract

Orang tua bertanggung jawab memenuhi kebutuhan anak guna mengembangkan keseluruhan eksistensi anak, kebutuhan tersebut meliputi kebutuhan biologis maupun kebutuhan psikologis seperti rasa aman, dikasihi, dimengerti sebagai anak, sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang kearah harmonis. Tapi banyak sekali orang tua yang dengan sengaja maupun tidak sengaja berperilaku over protective. Akibatnya anak merasa ruang lingkupnya terbatas, merasa terkekang dan tidak boleh mengambil keputusan sendiri, sehingga anak mengalami masalah dalam penyesuaian diri. Berdasarkan uraian tersebut rumusan masalah yang dapat ditarik adalah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku over protective orang tua dengan penyesuaian diri remaja pada siswa kelas II SMA Negeri 12 Pekanbaru. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara perilaku over protective orang tua dengan penyesuaian diri remaja. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi product moment. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 125 orang siswa dari jumlah populasi sebanyak 250 orang siswa kelas II SMA Negeri 12 Pekanbaru. Pengambilan sampel menggunakan rumus dari Slovin. Variabel-variabel penelitian ini diukur menggunakan dua buah skala yaitu skala perilaku over protective orang tua dan skala penyesuaian diri remaja, yang mengacu pada model skala likert yang telah dimodifikasi dengan menggunakan empat alternatif pilihan jawaban. Hasil penelitian kemudian diolah dengan menggunakan tekhnik koefisien kerelasi product moment dari Pearson, sehingga kemudian diperoleh validitas. Untuk reliabilitas instrument diuji dengan menggunakan tekhnik alpha. Untuk variabel perilaku over protective orang tua diperoleh validitas sebesar 0.293-0.769 dengan reliabilitas 0.880, sedangkan untuk variabel penyesuaian diri remaja diperoleh validitas berkisar antara 0.303-0.746 dengan reliabilitas 0.915 Berdasarkan hasil analisa data maka diperoleh koefisien korelasi sebesar 0.433 pada taraf signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 artinya adalah hipotesis diterima, yaitu terdapat hubungan antara perilaku over protective orang tua dengan penyesuaian diri remaja pada siswa kelas II SMA Negeri 12 Pekanbaru. Adapun arah hubungannya adalah negatif, yang artinya semakin tinggi perilaku over protective orang tua maka semakin rendah penyesuaian diri remaja siswa kelas II SMA Negeri 12 Pekanbaru. Sebaliknya semakin rendah perilaku over protective orang tua maka semakin baik tingkat penyesuaian diri remaja siswa kelas II SMA Negeri 12 Pekanbaru. Kata kunci : Perilaku Over Protective Orang Tua, Penyesuaian Diri Remaja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 09:01
Last Modified: 16 Oct 2017 09:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11592

Actions (login required)

View Item View Item