HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN SIKAP TERHADAP KEGIATAN KEAGAMAAN PADA REMAJA (Studi pada Siswa SMP IT Mutiara Duri)

Dwi Kumala Sari, (2010) HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN SIKAP TERHADAP KEGIATAN KEAGAMAAN PADA REMAJA (Studi pada Siswa SMP IT Mutiara Duri). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201034PSI.pdf

Download (452kB) | Preview

Abstract

Sikap siswa dalam menghadapi kegiatan keagamaan bermacam-macam, ada yang baik ada pula yang buruk, salah satu faktor yang mempengaruhi sikap siswa dalam menghadapi kegiatan keagamaan adalah religiusitas. Religiusitas adalah keseluruhan dari fungsi jiwa individu mencakup keyakinan, perasaan dan perilaku yang diarahkan secara sadar dan sungguh-sungguh pada ajaran agama dengan mengerjakan lima dimensi religiusitas. Sikap siswa yang buruk diduga muncul karena religiusitasnya buruk pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara religiusitas dengan sikap terhadap kegiatan keagamaan pada siswa SMP IT Mutiara Duri. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan antara religiusitas dengan sikap terhadap kegiatan keagamaan pada siswa SMP IT Mutiara Duri. Sampel penelitian adalah siswa SMP IT Mutiara Duri yang berjumlah 186 orang. Penelitian ini menggunakan dua buah skala yaitu skala religiusitas yang terdiri dari 50 aitem dan skala sikap terhadap kegiatan keagamaan 32 aitem. Data yang diperoleh berupa data interval yang dianalisa menggunakan SPSS 16.0 for windows. Dari analisa diperoleh reliabilitas skala religiusitas 0,942 dan validitasnya berkisar antara 0,306 sampai 0,606. Sedangkan reliabilitas skala sikap terhadap kegiatan keagamaan sebesar 0,947 dan validitasnya berkisar antara 0,317 sampai 0,800. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara religiusitas dengan sikap terhadap kegiatan keagamaan (r² =0,438; p=0,000). Artinya, religiusitas berkontribusi 43,8% terhadap sikap terhadap kegiatan keagamaan pada remaja. Hipotesis penelitian ini diterima.. Kata kunci : religiusitas, sikap terhadap kegiatan keagamaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 08:57
Last Modified: 16 Oct 2017 08:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11588

Actions (login required)

View Item View Item