Siti Nahhawa (2010) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KENAKALAN REMAJA PADA REMAJA PUTUS SEKOLAH DI KELURAHAN ENOK KECAMATAN ENOK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_201033PSI.pdf Download (576kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan kenakalan remaja pada remaja putus sekolah di Kelurahan Enok Kecamatan Enok. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara konsep diri dengan kenakalan remaja pada remaja putus sekolah. . Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang mengambil seluruh subjek penelitian yaitu remaja di Kelurahan Enok Kecamatan Enok yang putus sekolah. Jumlah subjek penelitian adalah 25 orang. Variabel- variabel penelitian ini diukur menggunakan dua buah skala yaitu skala konsep diri dan skala kenakalan remaja, yang mengacu pada model skala likert yang telah dimodifikasi dengan menggunakan empat alternatif pilihan jawaban. Hasil penelitian kemudian diolah dengan menggunakan teknik koefisien korelasi product moment dari Pearson, sehingga kemudian diperoleh validitas. Untuk reliabilitas instrument diuji dengan menggunakan teknik alpha. Untuk variabel konsep diri diperoleh validitas sebesar 0,3068- 0,6916 dengan reliabilitas 0,9478, sedangkan untuk variabel kenakalan remaja diperoleh validitas yang berkisar antara 0,3024- 0,8202 dengan reliabilitas 0,9487. Berdasarkan hasil analisa data maka diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,662 pada taraf signifikan 0,000. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan kenakalan remaja pada remaja putus sekolah di Kelurahan Enok Kecamatan Enok.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 08:56 |
Last Modified: | 16 Oct 2017 08:56 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11587 |
Actions (login required)
View Item |