PERBEDAAN MENTAL KEWIRAUSAHAAN ANTARA MAHASISWA ETNIS MINANG DAN MAHASISWA ETNIS MELAYU RIAU ( Studi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Suska Riau )

Susilawati, (2010) PERBEDAAN MENTAL KEWIRAUSAHAAN ANTARA MAHASISWA ETNIS MINANG DAN MAHASISWA ETNIS MELAYU RIAU ( Studi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Suska Riau ). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201029PSI.pdf

Download (474kB) | Preview

Abstract

Kewirausahaan adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis, mempunyai mimpi, baik pengusaha maupun yang bukan pengusaha dimana seseorang mampu menciptakan sesuatu kreativitas, memiliki jiwa innovator yang tinggi, kepemimpinan, berani mengambil resiko, pembisnis yang tinggi, dengan menggabungkan kreatifitas, tantangan, kerja keras dan kepuasan untuk mencapai kesuksesan. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan mengkaji secara ilmiah perbedaan mental kewirausahaan antara mahasiswa etnis Minang dan mahasiswa etnis Melayu Riau. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat perbedaan mental kewirausahaan yang signifikan antara mahasiswa etnis Minang dan mahasiswa etnis Melayu Riau Fakultas Psikologi UIN Suska Riau. Sampel penelitian adalah mahasiswa etnis Minang dan mahasiswa etnis Melayu Fakultas Psikologi UIN Suska Riau. Dari angkatan 2006 sampai 2007 yang berjumlah 67 orang, Mahasiswa etnis Melayu dimana kedua orang tua merekapun berasal dari etnis Melayu sebanyak 35 orang, sedangkan mahasiswa etnis Minang dimana kedua orang tua merekapun berasal dari etnis Minang sebanyak 32 orang. Teknik sampling yang digunakan ialah penelitian populasi. Validitas skala kewirausahaan sebesar 0, 9422 Sedangkan kofisiensi reliabilitas sebesar 0,9460. Data yang terkumpul merupakan data interval, kemudian dianalisis menggunakan teknik t-test dengan bantuan komputer program SPSS 11,5 for Windows. Hasil analisa data dengan menggunakan teknik t-test menunjukkan angka sebesar 151 dan signifikansi 881. Hipotesis ditolak, dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan mengenai mental kewirausahaan antara mahasiswa etnis Minang dan mahasiswa etnis Melayu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan mengenai mental kewirausahaan antara mahasiswa etnis Minang dan mahasiswa etnis Melayu Riau Fakultas Psikologi UIN Suska Riau. Kata kunci : kewirausahaan, mahasiswa etnis Minang, mahasiswa etnis Melayu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 08:52
Last Modified: 16 Oct 2017 08:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11584

Actions (login required)

View Item View Item