Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PASANGAN SUAMI ISTRI DENGAN KEBAHAGIAAN (Studi Pada Warga Kecamatan Marpoyan Damai Kelurahan Wonorejo RT 02 - RW 05 Pekanbaru)

Virgina Sari Septiannie (2010) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PASANGAN SUAMI ISTRI DENGAN KEBAHAGIAAN (Studi Pada Warga Kecamatan Marpoyan Damai Kelurahan Wonorejo RT 02 - RW 05 Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201028PSI.pdf

Download (591kB) | Preview

Abstract

Kebahagiaan merupakan keadaan yang secara universal diharapkan oleh seluruh umat manusia. Kebahagiaan dapat digambarkan sebagai satu kondisi dimana seorang individu merasakan perasaan bergairah, perasaan tertarik, perasaan bangga, kuat, antusias, waspada, terinspirasi penuh tekad, penuh perhatian dan aktif. Adapun faktor yang mempengaruhi kebahagiaan yang dirasakan seseorang, salah satunya adalah kemampuan komunikasi interpersonal pasangan suami istri, dengan komunikasi interpersonal akan tercapai kesejahteraan dan keselarasan timbal balik yang baik. Keselarasan tersebut dapat membantu sebuah perkawinan dalam membuat langkah menyelesaikan masalah perkawinan yang dapat membuat kebahagiaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara komunikasi interpersonal pasangan suami istri dengan kebahagiaan, dan sejauh mana hubungan kedua variabel tersebut. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan positif antara komunikasi interpersonal pasangan suami istri. Dengan kebahagiaan pada warga Kecamatan Marpoyan Damai Kelurahan Wonorejo, Rw 05 - Rt 02. Populasi penelitian ini adalah pasangan suami istri yaitu warga Kecamatan Marpoyan Damai Kelurahan Wonorejo, RW 05 - RT 02 yang berjumlah 180 orang, dan diambil sampel secara random sebanyak 54 orang. Instrumen penelitian berupa skala komunikasi interpersonal pasangan suami istri yang disusun berdasarkan teori Devito dan skala kebahagiaan menggunakan skala SAPAN yang dirancang oleh Watson, Tellejen dan Clark. Skala disusun menggunakan model skala likert dengan lima alternative pilihan jawaban. Validitas instrumen diuji dengan menggunakan teknik koefisien korelasi product moment dari pearson sedangkan realibilitas instrumen diuji dengan teknik alpha (α), untuk variabel komunikasi interpersonal pasangan suami istri diperoleh koefisien korelasi aitem yang valid berkisar antara 0,3006 sampai dengan 0,6776 dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,9500 dan variabel kebahagiaan diperoleh koefisien korelasi aitem yang valid pada afektifitas positif berkisar antara 0,3937 sampai dengan 0,6998 dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,8455. koefisien korelasi aitem yang valid pada afektifitas negatif berkisar antara 0,5644 sampai dengan 0,8197 dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,8924 . Hasil analisis korelasi product moment menunjukkan korelasi antara komunikasi interpersonal pasangan suami istri dengan kebahagiaan yaitu 0,585 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,01). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara komunikasi interpersonal pasangan suami istri dengan kebahagiaan. Kata kunci : komunikasi interpersonal pasangan suami istri, kebahagiaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 08:51
Last Modified: 16 Oct 2017 08:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11583

Actions (login required)

View Item View Item