HUBUNGAN ANTARA TINGKAT RELIGIUSITAS DENGAN ALTRUISTIK PERAWAT TERHADAP PASIEN (Pada Perawat Di Rumah Sakit Ibu dan Anak Zaenab Pekanbaru)

Nurefni Safitrianis, (2010) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT RELIGIUSITAS DENGAN ALTRUISTIK PERAWAT TERHADAP PASIEN (Pada Perawat Di Rumah Sakit Ibu dan Anak Zaenab Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201026PSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara tingkat religiusitas dengan altruistik perawat di rumah sakit Ibu dan anak Zaenab Pekanbaru. Hipotesa yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara tingkat religiusitas dengan altruistik pada perawat yang berstatus sebagai perawat di rumah sakit Ibu dan anak Zaenab Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 75 orang perawat di rumah sakit Ibu dan anak Zaenab Pekanbaru. Keseluruhan dari populasi dijadikan subjek dalam penelitian sehingga penelitian ini disebut penelitian populasi. Penelitian ini menggunakan skala tingkat religiusitas dan skala altruistik yang disusun oleh peneliti untuk membantu pengumpulan data. Data penelitian tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan bantuan komputer Program SPSS 11,5 for Windows. Dari data penelitian ini dapat dilihat bahwa tingkat religiusitas pada perawat di rumah sakit Ibu dan anak Zaenab Pekanbaru memiliki tingkat religiusitas yang tinggi (100%), dan tidak ada seorang perawat pun yang memiliki tingkat religiusitas yang sedang dan rendah (0%). Dan pada variabel altruistik dapat dilihat bahwa perawat di rumah sakit Ibu dan anak Zaenab Pekanbaru menunjukkan sikap altruistik yang tinggi (100%), dan tidak ada seorang perawat pun yang menunjukkan altruistik yang sedang dan rendah (0%). Hasil analisa korelasi Product Moment Pearson menunjukkan korelasi antara tingkat religiusitas dengan altruistik yaitu : r = 0,401 pada taraf signifikansi sebesar 0,000 (p ≤ 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara tingkat religiusitas dengan altruistik pada perawat yang berstatus sebagai perawat rumah sakit Ibu dan anak Zaenab Pekanbaru. Artinya, semakin tinggi tingkat religiusitas perawat maka akan semakin tinggi pula altruistik yang ditunjukkannya terhadap pasien. Kata Kunci : Tingkat Religiusitas, Altruistik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 08:49
Last Modified: 16 Oct 2017 08:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11581

Actions (login required)

View Item View Item