HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN ORANG TUA TERHADAP ANAK DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 01 Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar

Nisrina, (2010) HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN ORANG TUA TERHADAP ANAK DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 01 Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201025PSI.pdf

Download (286kB) | Preview

Abstract

Belajar adalah suatu proses yang menimbulkan suatu perubahan yang juga dapat dipandang sebagai hasil belajar, salah satu tujuan dalam belajar aadalah mencapai keberhasilan atau prestasi belajar. Prestasi belajar merupakan hasil belajar, yaitu suatu tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari pelajaran di sekolah yang dinyatakan dalam skor atau hasil penelitian. Untuk menuju ke arah tercapainya prestasi belajar, banyak faktor yang mempengaruhinya diantaranya adalah faktor intelektual dan nonintelektual. Salah satu faktor nonintelektual yang mempengaruhi kegiatan belajar siswa adalah disiplin orang tua. disiplin orang tua terhadap anak merupakan cara orang tua mendidik anak untuk berguna, tertib dan taat dengan segala peraturan dan norma norma yang berlaku baik di lingkungan keluarga, masyarakat, dan di lingkungan sekolah dan menjadikan peraturan sebagai pedoman ukuran perilaku. Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya hubungan antara disiplin orang tua terhadap anak dengan prestasi belajar siswa-siswi SMP N 01 Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara disiplin orang tua terhadap anak dengan prestasi belajar siswa-siswi SMP N 01 Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 335 orang, teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Propotional Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 86 orang. Validitas skala disiplin orang tua terhadap anak berkisar 0,3081–0,6528 dengan koefisien Reliabilitas sebesar 0.9165. Sedangkan untuk prestasi belajar diambil dari dokumentasi. Data yang terkumpul merupakan data interval, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment pearson 0,558 (p = 0,000 ) sehingga hipotesa yang diajukan dalam penelitian ini diterima atau terbukti. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara disiplin orang tua terhadap anak dengan prestasi belajar siswa-siswi SMP N 01 Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, disiplin orang tua terhadap anak yang dimiliki siswa-siswi SMP N 01 Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar tergolong dalam kategori sedang, dan prestasi belajar yang dimiliki oleh siswa-siswi SMP N 01 Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar tergolong dalam kategori cukup. Kata Kunci: Disiplin Orang Tua Terhadap Anak, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 08:48
Last Modified: 16 Oct 2017 08:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11580

Actions (login required)

View Item View Item