HUBUNGAN ANTARA KUALITAS DZIKIR DENGAN KECEMASAN (ANXIETY) (Studi Pada Jemaah Salafy Mesjid Umar Bin Khatab RT 01/RW 04 Kelurahan Delima Pekanbaru)

Yasri, (2010) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS DZIKIR DENGAN KECEMASAN (ANXIETY) (Studi Pada Jemaah Salafy Mesjid Umar Bin Khatab RT 01/RW 04 Kelurahan Delima Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201017PSI.pdf

Download (767kB) | Preview

Abstract

Penelitian korelasi ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hunbungan antara kualitas dzikir dengan kecemasan (anxiety) pada jemaah Salafy Mesjid Umar Bin Khatab Rt 04/Rw 01 kelurahan Delima Pekanbaru. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas dzikir dengan kecemasan pada jemaah Salafy Mesjid Umar Bin Khatab Rt 04/Rw 01 kelurahan Delima Pekanbaru yang diuji dengan menggunakan korelasi product moment. Subjek dalam penelitian ini adalah jemaah Salafy Mesjid Umar Bin Khatab Rt 04/Rw 01 Kelurahan Delima Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, dengan populasi tak hingga. Alat ukur yang digunakan adalah skala kualitas dzikir dan skala kecemasan yang diujicobakan kepada sampel dengan mengunakan skala likert yang telah dimodifikasi menjadi empat alternatif jawaban yaitu Sangat Sesuai (SS), Sesuai (S), Tidak Sesuai (TS), dan Sangat tidak sesuai (STS), dengan jumlah sampel yang diperoleh berjumlah 114 orang. Hasil uji coba alat ukur langsung dianalisa validitas dan reliabilitasnya kerena penelitian ini mengunakan try out terpakai. Validitas alat ukur penelitian diuji dengan teknik korelasi product moment dari Pearson sedangkan reliabilitas diuji dengan teknik alpha. Hasil uji validitas untuk instrumen penelitian variabel kualitas dzikir berkisar antara 0,250-0,679 dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,948. Sedangkan untuk variabel kecemasan berkisar antara 0,251-0,702 dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,945. Uji validitas dan reliabilitas diukur dengan batuan komputer program SPSS 17,0 for Windows. Analisa data mengunakan teknik korelasi product moment menunjukkan koefisien korelasi sebesar -0,626 dengan signifikansi 0,000. Maka hipotesis penelitian ini diterima. Dengan kata lain terdapat hubungan antara kualitas dzikir dengan kecemasan pada jemaah Salafy Mesjid Umar Bin Khatab kelurahan Delima Pekanbaru. Ini berarti baik buruknya kualitas dzikir jemah Salafy berdampak pada tinggi rendahnya tingkat kecemasan, semakin baik kualitas dzikir, maka semakin rendah tingkat kecemasan. Sebaliknya semakin buruk kualitas dzikir semakin tinggi tingkat kecemasan yang dialami oleh jemah Salafy. Kata kunci : Kualitas, dzikir dan kecemasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 08:36
Last Modified: 16 Oct 2017 08:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11573

Actions (login required)

View Item View Item