HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN MINAT PADA PELAJARAN BAHASA ARAB (Studi Pada Santri MDA Di Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru)

Bustanil Arifin, (2010) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN MINAT PADA PELAJARAN BAHASA ARAB (Studi Pada Santri MDA Di Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201016PSI.pdf

Download (373kB) | Preview

Abstract

Minat pada pelajaran bahasa arab adalah merupakan rasa lebih suka atau ketertarikan untuk mempelajari bahasa arab secara lisan ataupun tulisan yang disertai dengan perasan senang untuk mendapatkan pengetahuan sehingga menghasilkan kepuasan. Untuk menumbuhkan minat diperlukan motivasi dalam belajar, karena minat tanpa motivasi hanya berminat saja belum tentu berbuat. Motivasi belajar adalah suatu dorongan internal dan eksternal pada siswa terhadap kegiatan belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku tanpa mengenal perasaan bosan apalagi menyerah dengan indikator : adanya hasrat dan keinginan berhasil, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, adanya harapan dan cita-cita masa depan, adanya penghargaan dalam belajar, adanya kegiatan yang manarik dalam belajar, dan adanya lingkungan belajar yang kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi belajar dengan minat pada pelajaran bahasa arab (studi pada santri MDA di Kecamatan Tenayan Raya). Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan minat pada pelajaran bahasa arab, jika santri mempunyai motivasi belajar yang tinggi terhadap pelajaran bahasa arab, maka santri akan memiliki minat yang tinggi pada pelajaran bahasa arab, dan sebaliknya jika santri mempunyai motivasi belajar yang rendah terhadap pelajaran bahasa arab, maka santri cenderung memiliki minat yang rendah pada pelajaran bahasa arab. Sampel penelitian adalah santri MDA di Kecamatan Tenayan Raya sebanyak 311 orang. Variabel-variabel penelitian ini diukur dengan dua buah skala yaitu skala motivasi belajar yang terdiri dari 22 item dan skala minat pada pelajaran bahasa arab yang terdiri dari 24 item. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisa korelasi product moment Karl Pearson sedangkan reliabilitas alat ukur diuji dengan teknik a (alpha). Hasil uji validitas untuk instrument motivasi belajar bahasa arab berkisar antara 0.3181 – 0.7146. Hasil uji validitas untuk instrument minat pada pelajaran bahasa arab berkisar antara 0.3156 – 0.7258. Hasil uji reliabilitas pada variabel motivasi belajar bahasa arab menunjukkan angka 0.8950. Sedangkan hasil uji reliabilitas pada variabel minat pada pelajaran bahasa arab menunjukkan angka 0.9116. Uji validitas dan reliabilitas alat ukur dikerjakan dengan bantuan komputer program SPSS 11.5 for windows. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan minat pada pelajaran bahasa arab santri MDA di Kecamatan Tenayan Raya yaitu ( r = 0.529 dan p = 0.000). Kata Kunci : Motivasi belajar, Minat pada pelajarn Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 06:26
Last Modified: 16 Oct 2017 06:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11572

Actions (login required)

View Item View Item