MURAQABAH DAN PERUBAHAN PERILAKU (Sebuah Kajian Fenomenologi pada Jam’iyah Thoriqoh Qadariyah-Naqsyabandiyah Desa Topang Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti)

Muhammad Rohmat, (2010) MURAQABAH DAN PERUBAHAN PERILAKU (Sebuah Kajian Fenomenologi pada Jam’iyah Thoriqoh Qadariyah-Naqsyabandiyah Desa Topang Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201015PSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap apa yang dipahami dan dirasakan oleh Salik Thariqoh Qadariyah Naqsyabandiyah (TQN) ketika mereka mengamalkan muraqabah yang berdampak kepada aspek-aspek kehidupan mereka, oleh sebab itu penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi. Selanjutnya teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara semi struktur dan pengamatan terlibat yang bersifat pasif. Sedangkan teknik analisa data pada penelitian ini mengkombinasikan antara teknik analisis data Fenomenologi Stevick Colaizzi-Keen dari Moustakas, dan Creswell (1994) yang meliputi empat tahap, yaitu: mendiskripsikan temuan; mengklsifikasikan data yang relevan dengan topik; menginterpretasika data; dan hasil berupa sintesis makna dan esensi fenomena. Hasil penelitian ini meliputi beberapa aspek kehidupan yang dialami oleh subjek ketika dikaitkan dengan muraqabah, yaitu aspek ibadah praktis, perilaku ekonomi, kehidupan keluarga dan interaksi sosial dengan masyrakat sekitarnya. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa muraqabah yang dipahami, dirasakan dan diamalkan oleh salik TQN berimbas tidak hanya kepada perubahan perilaku positif melainkan dimaknai lebih dalam lagi menjadi sebagai suatu sumber kebermaknaan hidup yang tidak akan berujung kepada kevakuman eksistensial (neurosis noogenic) hingga sampai pada tujuan akhir yang transendental yaitu memperoleh ridha Allah SWT. Kata kunci: Muraqabah, Salik, Perubahan perilaku, Makna hidup

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 06:24
Last Modified: 16 Oct 2017 06:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11571

Actions (login required)

View Item View Item