HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANGTUA-ANAK DENGAN SIKAP REMAJA TERHADAP LAWAN JENIS PADA SISWA SMP ISLAM YLPI PEKANBARU

Puji Lestari, (2010) HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANGTUA-ANAK DENGAN SIKAP REMAJA TERHADAP LAWAN JENIS PADA SISWA SMP ISLAM YLPI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201010PSI.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

Berkaitan dengan sikap remaja terhadap lawan jenis, komunikasi antara orangtua dan anak memainkan peranan penting. Remaja perlu mendapatkan bimbingan dan arahan disertai informasi yang benar tentang lawan jenis. Sikap seseorang terhadap lawan jenis akan mengalami proses sesuai dengan perkembangan usia dan banyaknya informasi yang diterima Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan anatara komunikasi interpersonal orangtua-anak dengan sikap remaja tehadap lawan jenis pada siswa SMP Islam Pekanbaru. Hipotesis yang diajukan adalah bahwa ada hubungan antara komunikasi interpersonal orangtua-anak dengan sikap remaja terhadap lawan jenis pada siswa SMP Islam Pekanbaru. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII, VIII, IX SMP Islam Pekanbaru (TA 2008-2009) yang berjumlah 512 siswa, dan diambil sampel sebanyak 108 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah teknik stratified sampling (sampel berstrata) yaitu pengambilan sampel dengan memperhatikan strata yang ada dalam populasi dan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan pada model skala likert yang telah dimodifikasi dengan menggunakan empat alternative jawaban. Hasil penelitian kemudian diolah dengan menggunakan teknik koefisien korelasi product moment dari Person, sehingga kemudian diperoleh validitas. Untuk reliabilitas instrument diuji dengan menggunakan teknik alpha. Untuk variabel komunikasi interpersonal orangtua-anak validitas sebesar 0,3073-0,7387 dengan reliabilitas 0,9268, sedangkan untuk sikap remaja terhadap lawan jenis diperoleh validitas sebesar 0, 3425- 0,6483 dengan reliabilitas sebesar 0,8605. Berdasarkan hasil analisa data maka diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,612 pada taraf signifikansi 0,000. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima, yaitu ada hubungan antara komunikasi interpersonal orangtua-anak dengan sikap remaja terhadap lawan jenis. Adapun hubungannya yaitu positif, yang artinya semakin terbinanya komunikasi interpersonal orangtua-anak yang ditandai dengan cukupnya tatap muka, cukupnya hubungan dua arah dan cukupnya niat, kehendak atau intensi maka sikap remaja terhadap lawan jenis akan semakin positif. Sebaliknya semakin kurang terbinanya komunikasi interpersonal orangtua-anak yang ditandai dengan kurangnya tatap muka, kurangnya hubungan dua arah dan kurangnya niat, kehendak atau intensi maka sikap remaja terhadap lawan jenis akan negatif pula.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 06:06
Last Modified: 16 Oct 2017 06:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11566

Actions (login required)

View Item View Item