HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI MASA PEMBEBASAN PADA NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA PEKANBARU

Kiki Rizki Amelia, (2010) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI MASA PEMBEBASAN PADA NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201008PSI.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

Pada narapidana yang akan keluar dari masa tahanan, kecemasan lebih rentan terjadi. Dukungan sosial adalah suatu keadaan yang bermanfaat bagi individu yang diperoleh dari orang lain yang akan berinteraksi dengan individu sehingga individu tersebut dapat merasakan kenyamanan secara fisik dan psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan kecemasan menghadapi masa pembebasan pada narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pekanbaru. Populasi penelitian adalah narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pekanbaru yang berjumlah 97 narapidana, sebanyak 54 narapidana sebagai uji coba penelitian, selanjutnya 43 narapidana sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan dua skala yaitu skala dukungan sosial dan skala kecemasan dalam menghadapi masa pembebasan. Data yang diperoleh dianalisa menggunakan teknik analisis Korelasi Product Moment Karl Pearson dengan menggunakan bantuan program komputer Statitical Product and Service Solution (SPSS) 11,5 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan negatif dan signifikan antara dukungan sosial dengan kecemasan dalam menghadapi masa pembebasan pada narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pekanbaru dengan (r) sebesar - 0,577 (p=0,000). Artinya bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara dukungan sosial dengan kecemasan dalam menghadapi masa pembebasan. Sumbangan efektif variabel dukungan sosial terhadap kecemasan sebesar 33,3% (r determinan = 0,333). Kata Kunci: dukungan sosial, kecemasan menghadapi masa pembebasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 06:03
Last Modified: 16 Oct 2017 06:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11564

Actions (login required)

View Item View Item