EFEKTIVITAS METODE INABAH TERHADAP SELF – AWARENESS PADA PENCANDU ALKOHOL (Studi Eksperimen di Pondok Inabah Pesantren Suryalaya)

Ina Noor Khiyar Nafisa, (2010) EFEKTIVITAS METODE INABAH TERHADAP SELF – AWARENESS PADA PENCANDU ALKOHOL (Studi Eksperimen di Pondok Inabah Pesantren Suryalaya). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201003PSI.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

Masalah ketergantungan alkohol salah satu penyebabnya adalah karena individu tidak memiliki self awareness yang baik dalam dirinya. Terapi dengan Metode Inabah mempunyai efektivitas yang cukup tinggi untuk meningkatkan self awareness individu yang memilki masalah ketergantungan alkohol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan self awareness pecandu alkohol antara sebelum dan sesudah diberikan terapi Metode Inabah. Sampel penelitian ini adalah Anak Bina (pecandu alkohol) sebanyak 15 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel purposif. Rancangan penelitian ini menggunakan pre experimental design : one group pre test – post test design. Analisa data yang digunakan adalah Uji t, hasil penelitiannya menyatakan bahwa terdapat perbedaan antara sebelum (pre test) dan sesudah (post tes) diberikan terapi dengan nilai t sebesar 5.981 yang berarti bahwa perbedaan tersebut sangat signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terapi dengan Metode Inabah efektif untuk meningkatkan self awareness pecandu alkohol ke arah yang lebih baik. Kata Kunci : Self Awareness, Kesadaran Diri, Terapi Inabah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Bagian Psikologi Klinis dan Agama
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 05:35
Last Modified: 16 Oct 2017 05:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11560

Actions (login required)

View Item View Item