UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MATERI MENGENAL SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI PENERAPAN STRATEGI CRITICAL INCIDENT SISWA KELAS IV SDN 005 MUARA JALAI KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

Rosnimar, (2010) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MATERI MENGENAL SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI PENERAPAN STRATEGI CRITICAL INCIDENT SISWA KELAS IV SDN 005 MUARA JALAI KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010398PGMI.pdf

Download (273kB) | Preview

Abstract

Pendidikan berfungsi mengembangkan kemapuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermatabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, sehingga bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman, bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia. Dalam penelitian ini rumusan masalah adalah apakah dengan menerapkan strategi Critical Incident dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan dalam materi mengenal sistem pemerintahan siswa kelas IV SDN 005 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Tujuan penelitian untuk mengetahui keberhasilan penerapan Critical Incident dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan dalam materi mengenal sistem pemerintahan siswa kelas IV SDN 005 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Objek penelitian ini adalah upaya guru meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan dalam materi mengenal sistem pemerintahan melalui penerapan strategi Critical Incident siswa kelas IV SDN 005 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Adapun teknik pengumpulan data adalah melalui observasi, sedangkan teknik analisa data adalah membahas hasil penelitian yang tertuang dalam tabel-tabel kemudian dihitung berdasarkan frekuensi masing-masing kemudian hasil dihitung dimasukan ke dalam rumus : P = FN ×100% Berdasarkan observasi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi Critical Incident dalam proses pembelajaran pada pelajaran belajar pendidikan kewarganegaraan mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 005 Muara Jalai Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Hal ini dapat dilihat dari hasil obsevasi mencapai 95,83 %, sehingga hasil belajar siswa dapat dikatagorikan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 05:32
Last Modified: 16 Oct 2017 05:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11559

Actions (login required)

View Item View Item