Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI PENGETAHUAN SOSIAL PADA POKOK BAHASAN JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA MELALUI STRATEGI THE POWER OF TWO KELAS V SDN 003 PULAU KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG

Rina Melda (2010) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI PENGETAHUAN SOSIAL PADA POKOK BAHASAN JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA MELALUI STRATEGI THE POWER OF TWO KELAS V SDN 003 PULAU KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010393PGMI.pdf

Download (351kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial, hal ini terlihat hampir 70% dari jumlah siswa yang mendapatkan nilai di bawah Kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 57,60. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah strategi the power of two dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar Negeri 003 Pulau Kecamatan Bangkinang Seberang dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas lima dengan jumlah siswa 28 siswa. Adapun tempat penelitian tindakan kelas ini sekolah dasar Negeri 003 Pulau Kecamatan Bangkinang Seberang. Waktu penelitian ini bulan Maret sampai dengan Juni 2009 mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Penerapan strategi pembelajaran The Power Of Two pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial, diketahui dari adanya peningkatan hasil belajar dari Siklus I. Pada hasil tes pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai rata-rata 65,4 yaitu dalam kriteria cukup baik. Sedangkan hasil pengamatan pada siklus II rata-rata hasil belajar mencapai 76,3 dengan kategori baik. Sedangkan ketuntasan belajar yang diperoleh siswa pada siklus pertama sebesar 42,85%. Sedangkan siklus kedua tercapai ketuntasan sebesar 96,43%. Artinya, penelitian ini dikatakan berhasil karena telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan (75%) siswa memperoleh nilai minimal 70.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 05:31
Last Modified: 16 Oct 2017 05:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11558

Actions (login required)

View Item View Item