MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS RINGKASAN TEKS DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MURID KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 044 MAYANG PONGKAI KECAMATAN KAMPAR KIRI TENGAH KABUPATEN KAMPAR

Rosmiati, (2010) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS RINGKASAN TEKS DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MURID KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 044 MAYANG PONGKAI KECAMATAN KAMPAR KIRI TENGAH KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010388PGMI.pdf

Download (542kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan murid dalam menulis ringkasan teks, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan menulis ringkasan teks pada murid kelas V SD Negeri 044 Mayang Pongkai Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas V tahun pelajaran 2008-2009 dengan jumlah murid sebanyak 20 orang. Sedangkan objek dalam penelitan ini adalah meningkatkan Kemampuan Menulis Ringkasan Teks dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Murid Kelas V SD Negeri 044 Mayang Pongkai Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar. Adapun tempat penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 044 Mayang Pongkai Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar. Adapun waktu penelitian ini bulan Juni sampai dengan September 2009. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran Bahasa Indonesia. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan/persiapan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) tes dan refleksi. Berhasilnya penerapan pembelajaran kooparatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, diketahui bahwa adanya peningkatan kemampuan murid menulis ringkasan teks dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II. Pada data awal diperoleh nilai rata-rata nilai 69,3%, dan meningkat pada siklus pertama menjadi 73,7%. Peningkatan nilai murid tercapai pada nilai rata-rata 78,3%, yaitu pada siklus kedua. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan penerapan pembelajaran kooparatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 05:28
Last Modified: 16 Oct 2017 05:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11556

Actions (login required)

View Item View Item