Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MATERI TENTANG LINGKARAN SISWA KELAS V SDN 018 TERANTANG KECAMATAN TAMBANG

Syahrial (2010) PENERAPAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MATERI TENTANG LINGKARAN SISWA KELAS V SDN 018 TERANTANG KECAMATAN TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010387PGMI.pdf

Download (260kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar matematika Siswa kelas V SDN 018 Terantang setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran dengan strategi think-talk-write dapat meningkatkan hasil belajar matematika Siswa kelas V SDN 018 Terantang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu guru yang berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa kelas V SDN 018 Terantang, dan objeknya adalah pembelajaran dengan strategi think talk write dan hasil belajar siswa. adapun populasi dari penelitian ini adalah seluruh Siswa kelas V SDN 018 Terantang, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas V tahun ajaran 2007/ 2008 yang berjumlah 18 orang, yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi, penulis memberikan tes setelah selesai satu sub pokok bahasa sesudah proses tindakan dilakukan, setelah diperoleh data hasil belajar matematika siswa sesudah dan sebeum menggunakan tindakan, penulis memberi skor untuk setiap soal kemudian menganalisa data. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Analisis statistik deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan data tentang aktivitas siswa dan guru, nilai perkembangan siswa, ketuntasan hasil belajar matematika. Sedangkan analisis statistik internasional untuk menguji keberhasilan tindakan dengan cara membandingkan hasil belajar matematika sebelum tindakan dengan hasil belajar matematika sesudah tindkan dengan menggunakan uji statistik yaitu tes “I” yang dianalisis dengan menggunakan program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran dengan strategi think-talk-write yang diterapkan bisa meningkatkan hasil belajar yang baik, hal ini dapat dilihat dari analisis ketentuan belajar siswa kelas V sesudah tindakan pada seluruh indikator, dari hasil analisis diperoleh secara individu terdapat 18 orang siswa yang sudah tuntas belajar secara individu dan 2 orang yang belum mencapai ketuntasan. Sedangkan ketuntasan secara klasikal adalah 18 16 x 100% = 0.88% dari 18 orang siswa yang mengikuti tes. Hal ini berarti pada kelas V SDN 018 Terantang pada materi trigonometri sesudah diberi tindakan sudah mencapai ketuntasan secara klasikal. Hasil belajar siswa sebelum dan sesudah tindakan kelas dengan bepedoman pada nilai tes’t’ dengan membandingkan to( observasi) dengan tt( t table) dimana dengan df = 17 dengan angka 2,11 untuk tarap signifikan 5% = 1,98 untuk tarap signifikan 1 % dengan to = 2,90 berarti lebih besar darin pada tt ( tanda matematik minus) dalam hal ini diabaikan pada tarap signifikan 5 % dan 1 % (2,11)>1,98 < 2,90) hipotesis nihil ditolak. Dari kesimpulan diatas bahwa hasil belajar matematika siswa meningkat setelah penerapan strategy think talk write.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 05:27
Last Modified: 16 Oct 2017 05:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11555

Actions (login required)

View Item View Item