UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS PADA POKOK BAHASAN SIFAT CAHAYA MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN PADA MURID KELAS V SDN 008 DESA KOTO MESJID KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR

Yusnita Roza, (2010) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS PADA POKOK BAHASAN SIFAT CAHAYA MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN PADA MURID KELAS V SDN 008 DESA KOTO MESJID KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010385PGMI.pdf

Download (510kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sains pada umumnya pembelajaran yang mengutamakan keaktifan dan melibatkan aktivitas murid dalam belajar. Akan tetapi masih didominansi guru dengan metode konvensional. Didalam proses belajar mengajar, seorang guru perlu merencanakan dan menerapkan metode pengajaran, sehingga dapat mewujudkan hasil belajar yang maksimal dan sempurna, secara efektif dan efisien sesuai dengan apa yang diharapkan, dengan begitu guru perlu merubah strategi mengajar monoton yang cenderung membosankan dengan strategi yang yang memungkinkan murid aktif dalam pembelajaran, mencapai hasil belajar pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sains murid pada pokok bahasanp pada kelas V SDN 008 desa Koto Mesjid kecamatan XIII koto Kampar.penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data hasil belajar diperoleh dari hasil tes dengan menggunakan lembar soal-soal pertanyaan, sedangkan aktivitas belajar murid diperoleh dari hasil pengamatan dengan menggunakan lembar observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukan meningkatnya hasil belajar murid pada aspek kognitif secara klasikal terlihat pada hasil yang diperoleh pada tindakan pada siklus I 54,54%, pada siklus II 62,50%, dan pada siklus III 83,33%. Semetara hasil belajar pada aspek afektif dan psikomotor secara kalsikalnya dapat dilihat pada hasil siklus I 36,36%, pada siklus II 50%, dan pada siklus III 91,67%. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar murid pada pokok bahasan sifat cahaya pada murid kelas V SdN 008 Desa Koto Mesjid Kecamatan XIII Koto Kampar dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Untuk dapat meningkatkan efektifitas penerapan metode eksperimen diperlukan melakukan penelitian lebuh lanjut pada meteri yang lain pada kesempatan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 05:25
Last Modified: 16 Oct 2017 05:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11554

Actions (login required)

View Item View Item