Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED ON INTRODUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI CERITA SISWA KELAS V SDN 002 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Mahyuni Cendrakasih (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED ON INTRODUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI CERITA SISWA KELAS V SDN 002 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010380PGMI.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memahami cerita. Siswa sulit menemukan unsur-unsur yang ada dalam sebuah cerita. Hanya 11 orang atau (31%) dari 35 siswa yang mampu memahami cerita yang diberikan. Kurangnya keingintahuan siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Siswa kurang memiliki keberanian untuk mengemukakan pendapat atau ide-ide dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based on Introduction (PBI) dapat Meningkatkan Kemampuan Memahami Cerita Siswa Kelas V SDN 002 Tambang Kampar. Adapun subyek penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN 002 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar yang berjumlah 35 orang. Sedangkan objeknya adalah Penerapan Model Pembelajaran Problem Based on Introduction (PBI) untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Cerita Siswa Kelas V SDN 002 Tambang Kampar. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas V SDN 002 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan bulan Maret sampai dengan Juni 2009. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran Bahasa Indonesia. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata persentase siswa kemampuan pada tes awal dikategorikan sedang dengan nilai rata-rata 60,0% dengan kategori rendah, dan pada siklus pertama naik menjadi 71,4% dengan kategori sedang, sedangkan pada siklus kedua kemampuan rata-rata siswa dikategorikan baik dengan persentase nilai rata-rata 86,4% dengan kategori tinggi, dan tingkat keberhasilan yang dicapai adalah 94,3% dari jumlah siswa, artinya seluruh siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan, yaitu (minimal 6,5%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 05:24
Last Modified: 16 Oct 2017 05:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11553

Actions (login required)

View Item View Item