Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENGAJARKAN STRATEGI BELAJAR MENGGARISBAWAHI PADA MATA PELAJARAN SAINS SISWA KELAS III SDN 003 PULAU KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR

Mardiani (2010) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENGAJARKAN STRATEGI BELAJAR MENGGARISBAWAHI PADA MATA PELAJARAN SAINS SISWA KELAS III SDN 003 PULAU KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010367PGMI.pdf

Download (631kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains, hal ini terlihat ketuntasan siswa hanya mencapai 52% atau hanya sekitar 13 dari 25 orang siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65, begitu juga metode yang digunakan guru dalam pembelajaran cendrung menggunakan metode ceramah dan sangat sedikit melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan model pembelajaran langsung untuk mengajarkan strategi belajar menggarisbawahi dapat meningkatkan hasil belajar Sains siswa Kelas III SDN 003 Pulau Kecamatan Bangkinang Seberang. Berhasilnya penggunaan model pembelajaran langsung dengan menggunakan strategi menggarisbawahi pada mata pelajaran Sains, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Sains dari siklus I dan siklus II. Pada siklus pertama ketuntasan siswa mencapai 16 orang siswa atau ketuntasan telah mencapai 64,00%. Dengan demikian secara klasikal atau secara keseluruhan hasil belajar siswa belum 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65, secara individu sebagian masih ada siswa yang tidak tuntas. Setelah dilakukan tindakan perbaikan yaitu pada siklus II ternyata ketuntasan siwa mencapai 20 orang siswa atau dengan persentase 80,00%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui model pembelajaran langsung dengan menggunakan strategi belajar menggarisbawahi dapat meningkatkan hasil belajar Sains pada meteri pelestarian dan pemeliharaan alam Siswa Kelas III SDN 003 Pulau Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 05:22
Last Modified: 16 Oct 2017 05:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11552

Actions (login required)

View Item View Item