MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA MURID KELAS 1V SD NEGERI 001 KECAMATAN CERENTI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Megariawati, (2010) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA MURID KELAS 1V SD NEGERI 001 KECAMATAN CERENTI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010360PGMI.pdf

Download (468kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan minat belajar matematika murid kelas IV SDN 001 Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi dengan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah apakah dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan minat belajar matematika murid kelas IV SDN 001 Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian adalah murid kelas IV SDN 001 Kecamatan Cerenti dengan jumlah murid 22 orang dan objeknya adalah penggunaan alat peraga dan belajar matematika murid. Pengambilan data dalam penelitian adalah dengan observasi yang dilakukan setiap kali pertemuan. Pembelajaran dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Pertemuan pertama sebelum tindakan, pertemuan kedua dan ketiga dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II. Pada siklus kedua pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dihentikan. Dimana, pada siklus kedua penulis melakukan penambahan dalam pembelajar menggunakan alat peraga yaitu murid membawa alat peraga pada setiap kelompok. Data yang diperoleh melalui observasi, kemudian dianalisis menggunakan persentase P = x100% FN Berdasarkan hasil observasi di simpulkan bahwa dengan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran mampu meningkatkan minat belajar matematika murid kelas IV SDN 001 Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi. Hal ini dilihat dari hasil observasi sebelum tindakan minat belajar murid adalah 49,5 % dengan kategori “kurang”. Setelah tindakan pada siklus I minat belajar murid adalah 65,7 %vdengan kategori “Baik atau minimal” dan pada siklus II minat belajar murid adalah 83,3 % berada dalam kategori “ Baik sekali atau optimal”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 05:18
Last Modified: 16 Oct 2017 05:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11550

Actions (login required)

View Item View Item