Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN AKTIFITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SAINS PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI STRATEGI INQUIRI-DISCOVERY LEARNING DI KELAS V SDN 008 BUKIT AGUNG KECAMATAN KERINCI KANAN KABUPATEN SIAK

Abdulah Karim (2010) MENINGKATKAN AKTIFITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SAINS PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI STRATEGI INQUIRI-DISCOVERY LEARNING DI KELAS V SDN 008 BUKIT AGUNG KECAMATAN KERINCI KANAN KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010357PGMI.pdf

Download (589kB) | Preview

Abstract

Memperhatikan fenomena yang terjadi di lapangan dalam proses pembelajaran pada siswa SDN 008 Bukit Agung Kecamatan Kerinci Kanan, rendahnya aktifitas siswa dalam pembelajaran sains, melihat kenyataan ini penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan menggunakan strategi inquiri-discovery learning untuk meningkatkan aktifitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi inquiri-discovery learning dalam meningkatkan aktifitas siswa dalam pembelajaran sains siswa Kelas V SDN 008 Bukit Agung Kecamatan Kerinci Kanan . Penelitian ini dilaksanakan di Kelas V SDN 008 Bukit Agung Kecamatan Kerinci Kanan, dilaksanakan mulai dari bulan Pebruari sampai April 2010. Bentuk panelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, instrumen penelitian ini terdiri dari lembar aktifitas siswa dan indikator aktifitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa tingkat aktifitas siswa dalam materi sifat-sifat cahaya pada pembelajaran sains, siswa berada pada klasifikasi “ baik “ yang hanya mencapai 52,5 % dari keseluruhan siswa, terntu belum mencapai indikator yang diharapkan peneliti, dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus II maka aktifitas siswa meningkat pada klasifikasi “baik sekali “ dan siswa mempunyai aktifitas tinggi dalam pembelajaran sains telah mencapai 85,9 % dari keseluruhan siswa. Dari data ini menunjukan bahwa strategi inquiri-discovery learning dapat dipergunakan untuk meningkatkan aktifitas siswa kelas V SDN 008 Bukit Agung Kecamatan Kerinci Kanan pada pembelajaran sains pada materi sifat-sifat cahaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 05:17
Last Modified: 16 Oct 2017 05:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11549

Actions (login required)

View Item View Item