MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN BERIMAN KEPADA RASUL ALLAH SWT MELALUI METODE KARTU SORTIR (CARD SORT) DI SD NEGERI 031 TAMPAN PEKANBARU

Diah, (2010) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN BERIMAN KEPADA RASUL ALLAH SWT MELALUI METODE KARTU SORTIR (CARD SORT) DI SD NEGERI 031 TAMPAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010355PGMI.pdf

Download (356kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan minat belajar siswa kelas V dalam Pembelajaran Beriman Kepada Rasul Allah Swt Di SD Negeri 031 Tampan Pekanbaru Setelah Mengikuti pembelajaran Melalui Metode Kartu Sortir (Card Sort). Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah penggunaan Metode Kartu Sortir (card sort) Dapat Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Beriman Kepada Rasul Allah SWT di SD Negeri 031 Tampan Pekanbaru?” Penggunaan metode kartu sortir (card sort) dalam Pembelajaran Beriman Kepada Rasul Allah SWT diterapkan dengan cara bermain sambil belajar. Mengigat usia mereka yang sedang senang bermain. Maka kolaboratif dalam Metode Kartu Sortir (card sort) juga disajikan dalam permainan yang telah disesuaikan dengan usia dan kebutuhan mereka. Sehingga dapat meningkatkan minat belajar mereka dalam mengikuti Pembelajaran Beriman Kepada Rasul Allah SWT. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu guru yang berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan siswa SD Negeri 031 Tampan Pekanbaru kelas VB semester II tahun 2009/2010. jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian ini adalah 40 orang siswa, terdiri dari 24 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah penggunaan metode kartu sortir (card sort) untuk meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Beriman kepada Rasul Allah SWT. Berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa metode kartu sortir dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran beriman kepada Rasul Allah SWT di kelas V SD 031 Tampan Pekanbaru. Hal ini sebagaimana terlihat bahwa sebelum tindakan minat belajar siswa hanya 57,5%, kemudian setelah tindakan menjadi 80%.Artinya penelitian ini signifikan dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran Beriman Kepada Rasul Allah SWT di kelas V SD 031 Tampan Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 05:16
Last Modified: 16 Oct 2017 05:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11548

Actions (login required)

View Item View Item