Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP HAK DAN KEWAJIBAN SEBAGAI WARGA MASYARAKAT PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE CERAMAH EFEKTIF KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 031 PONGKAI ISTIQOMAH KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR

Rina Ariani (2010) PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP HAK DAN KEWAJIBAN SEBAGAI WARGA MASYARAKAT PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE CERAMAH EFEKTIF KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 031 PONGKAI ISTIQOMAH KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010354PGMI.pdf

Download (374kB) | Preview

Abstract

Otak mengambil informasi – campuran gambar, bunyi, aroma, pikiran, dan perasaan – dan memisah-misahkannya ke dalam bentuk linear. Misalnya ceramah atau karya tulis. Saat otak mengingat informasi, biasanya dilakukannya dalam bentuk gambar warna-warni, simbol, bunyi, dan perasaan.” Jika otak menyerap informasi melalui campuran gambar, bunyi, aroma, pikiran, dan perasaan, lalu memisah-misahkannya ke dalam bentuk linear, maka kegiatan belajar mengajar IPS yang menyajikan materi pelajaran dengan cara membaca buku teks dan metode ceramah monoton jelas bertentangan dengan cara kerja otak siswa. Saat ini, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar mata pelajaran IPS di kelas III Sekolah Dasar (SD), umumnya dilakukan dengan cara tersebut. Kejadian serupa juga terjadi di kelas III Sekolah Dasar Negeri 031 Pongkai Istiqomah Kecamatan XIII Koto Kampar. Sistem pembelajaran dilaksanakan tanpa melibatkan gambar, bunyi, pikiran, ucapan, aktivitas ataupun perasaan siswa. Akibatnya, semangat belajar siswa berkurang, motivasi rendah dan kurang memperhatikan serta rendahnya pencapaian hasil belajar Menanggapi hal tersebut, penulis mencoba menawarkan solusi dengan menggunakan metode ceramah efektif. Untuk membuktikan apakah metode ceramah efektif dapat meningkatkan pemahaman Siswa terhadap materi tentang hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam pembelajaran IPS, penulis telah melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 031 Pongkai Istiqomah Kecamatan XIII Koto Kampar. Sedangkan objek penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 031 Pongkai Istiqomah Kecamatan XIII Koto Kampar terhadap materi tentang hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode ceramah efektif. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan sebanyak dua siklus menunjukan bahwa dengan menggunakan metode ceramah efektif, cukup bisa meningkatkan pemahaman Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 031 Pongkai Istiqomah Kecamatan XIII Koto Kampar terhadap materi tentang hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 05:15
Last Modified: 16 Oct 2017 05:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11547

Actions (login required)

View Item View Item