Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 031 KEMANG INDAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Eni Muryanti (2010) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 031 KEMANG INDAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010352PGMI.pdf

Download (809kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas Berdasarkan hasil pengamatan di SD Muhammadiyah 031 Kemang Indah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar antara lain: Kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, kurangnya hasrat dan keinginan siswa untuk berhasil dalam belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), dalam proses pembelajaran siswa cendrung lebih banyak diam, bahkan ada yang tidur pada saat pembelajaran berlangsung, dari 15 orang siswa 9 orang (53%) kurang bergairah dalam belajar dan hanya 6 orang (47%) siswa yang tergolong aktif dan mau bertanya kepada guru saat proses pembelajaran di kelas, dan faktor lain yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa adalah kurangnya lingkungan belajar yang kondusif, sehingga siswa tidak dapat belajar dengan baik. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa rendah. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa maka pada penelitian ini digunakan strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate dalam pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas V SD Muhammadiyah 031 Kemang Indah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah melalui penerapan strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate dapat meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) siswa kelas V SD Muhammadiyah 031 Kemang Indah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Siklus I rata-rata klasikal nilai siswa adalah 54%. Pada siklus II motivasi belajar siswa terjadi peningkatan dengan rata-rata 73%. Sedangkan pada siklus III juga terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dengan rata-rata 85% pada kategori sangat tinggi. Dengan demikian penggunaan strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 031 Kemang Indah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar pada pelajaran pendidikan kewarganegaraan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 16 Oct 2017 05:14
Last Modified: 16 Oct 2017 05:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11546

Actions (login required)

View Item View Item